telset

Smartphone Android Kuasai 75% Pasar Global di Q3

Jakarta – Perangkat Android terus menunjukan taringnya. Setelah mencatat jumlah pengiriman terbanyak di Q2, trend tersebut kembali berlanjut di Q3 dengan menguasai 75% market share penjualan perangkat smartphone.

Menurut International Data Corporation (IDC), secara keseluruhan ada 136 juta handset Android yang dikirim di kuartal ketiga 2012, atau meningkat 91,5% dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Android telah menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan pasar smartphone sejak diluncurkan pada tahun 2008,” jelas Ramon Llmas, manajer penelitian IDC, lewat Engadget, Jumat (2/11).

Posisi Android bahkan mampu jauh meninggalkan perangkat iOS buatan Apple yang menempati posisi kedua dengan menguasai 14,9 pangsa pasar global.

IDC mengungkapkan pengiriman perangkat iOS terus tergelincir salama 3 kuartal di tahun 2011. Tanpa keunggulan OS seperti Siri di tahun 2011 dan FaceTime di tahun 2010, penjulan iPhone tidak akan terdongkrak.

Sementara itu, pangsa pasar BlackBerry juga kian tenggelam. Pada akhir kuartal ketiga, pengiriman BlackBerry turun sebesar 4%, dengan pangsa pasar sebesar 14,9%. Namun, permintaan BlackBerry dan layanan BlackBerry Messanger yang populer diprediksi akan menjadi kunci untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

Bagaimana dengan Symbian? IDC melihat bahwa vendor besar seperti Nokia, Fujitsu, Sharp, dan Sony akan menghentikan dukungannya terhadap Symbian di tahun 2013.

Munculnya Windows Phone 8 mungkin bisa mendongkrak pengiriman platform Windows. Pasalnya, menurut catatan IDC posisi Windows Phone berada di bawah Symbian dengan total pengiriman hanya 3,6 juta unit. [lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0