UU Federal Wajibkan Sistem Ini untuk Tangkal Panggilan Spam

Telset.id, Jakarta  – Undang-undang federal baru bakal membatasi spam dengan memaksa penyedia layanan untuk memasang sistem verifikasi untuk mengecek panggilan saat dikirim maupun diterima. Perbaikan teknis bernama STIR/SHAKEN (Secure Telephony Identify Revisited/Secure Handling of Asserted information menggunakan token) ini akan menangkal panggilan yang memakai ID orang lain.

Dengan STIR/SHAKEN, penyedia layanan akan menautkan ke jaringan sertifikasi yang menetapkan kunci digital untuk setiap panggilan. Operator memverifikasi untuk mengonfirmasi nomor asli.

{Baca juga: Instagram Kembangkan Fitur Kontrol Pesan Masuk}

Menurut New York Post, penyedia layanan penerima memeriksa kunci untuk menyelesaikan koneksi dengan ID penelepon asli. Apabila ada ketidaksesuaian, panggilan tersebut bakal dilabeli spam.

Dikutip Telset.id , Minggu (16/12/2019), telepon dapat menampilkan peringatan di layar. Pengguna dapat mengatur perangkat untuk secara otomatis menutup atau mengirim panggilan ke voicemail.

RUU bipartisan, yang dikenal sebagai Undang-Undang Penegakan dan Pencegahan Kejahatan Penindakan dan Penelantaran yang Dilacak, kabarnya segera dibahas oleh senat pada bulan ini.

Regulasi tersebut bakal memberi waktu bagi perusahaan telepon selama 18 bulan untuk menyesuaikan diri pada sistem dan mengharuskan penyedia untuk menawarkan perbaikan gratis.

Agustus 2019, selusin operator, termasuk Verizon, AT&T, T-Mobile, Comcast dan Sprint, berjanji untuk bergabung dengan program STIR/SHAKEN. Beberapa dari mereka sudah mulai mengujinya.

{Baca juga: Cegah Spam Jahat, Google Punya Fitur ‘SMS Verifikasi’}

Bicara soal spam, belum lama ini Google yang nampaknya juga menyadari kekhawatiran pengguna akan hal itu menghadirkan fitur keamanan baru bernama SMS Verifikasi.

Fitur baru ini diklaim dapat meredam penyebaran spam jahat yang sudah disusupi malware berbahaya yang dikirimkan via SMS kepada pengguna. SMS verifikasi ini akan bekerjasama dengan perusahaan untuk mengidentifikasi keaslian dari pesan singkat atau SMS yang dikirimkan ke pangguna. [SN/IF]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI