Sistem Operasi BlackBerry Dinilai Masih Paling Aman

Jakarta – Saling klaim memiliki sistem operasi mobile paling bagus diantara para vendor sering terjadi. Namun berdasarkan riset yang dilakukan perusahaan solusi keamanan IT, Trend Micro, sistem operasi BlackBerry merupakan sistem operasi mobile paling aman saat ini.

Walaupun diterpa masalah krisis keuangan akibat terus menurunnya penjualan perangkat BlackBerry di pasar global, namun sistem operasi milik Research In Motion (RIM) ini dinilai masih paling aman bagi perangkat smartphone.

Trend Micro menyebutkan telah melakukan riset untuk mengetahui sistem operasi mobile mana yang paling aman di smartphone. Dari hasil riset tersebut, didapati sistem operasi BlackBerry masih unggul dibanding sistem operasi mobile lainnya.

Dalam keterangan yang diterima Telsetnews, Jumat (13/4), BlackBerry berhasil mengungguli dua pesaing beratnya, Android dan iOS milik Apple. Parameter yang dipakai adalah dari segi keamanan aplikasi, otentikasi, penghapus perangkat, firewall dan fitur virtualisasi.

Trend Micro menilai, BlackBerry OS 7.0 masih lebih baik dibanding iOS 5, Windows Phone 7.5, dan Android 2.3. Dengan hasil ini, mereka masih merekomendasikan sistem operasi BlackBerry baik digunakan untuk pengguna enterprise.

Sementara iOS yang berada di posisi kedua, dinilai berhasil setelah keputusan Apple yang membuat iOS tidak mendukung perangkat penyimpanan eksternal. Kemudian posisi ketiga ditempati Windows Phone. Sistem operasi besutan Microsoft ini hanya menduduki tempat ketiga karena dianggap terlalu banyaknya aplikasi yang meminta lokasi pengguna, sehingga tidak terlalu steril™.

Sedangkan sistem operasi yang paling banyak penggunanya saat ini, Android, berada diposisi keempat. Trend Micro memilih melakukan pengujian pada versi Android  GingerBread 2.3. Alasannya, versi ini paling banyak penggunanya dibanding versi lainnya.

Android dianggap paling tidak aman karena hampir setiap aplikasi yang ingin diunduh, selalu meminta akses program lainnya sebelum diinstal. Hal ini membuat sistem operasi besutan Google ini tingkat keamanannya paling rentan, karena hanya bergantung kepada masing-masing penggunanya. [hbs]

Previous articleHTC Siap Mengganti Ponsel One S Bermasalah ’‘Bodi Terkikis’™
Next articleSamsung akan Lengserkan Nokia di Pasar Ponsel Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here