Sistem Booking Maskapai Ini Diretas, Data Pelanggan Terancam

Telset.id, Jakarta – Sistem booking British Airways dilaporkan telah diretas oleh para hacker. Mereka diketahui mencuri data privasi dan keuangan para pelanggan yang telah membeli tiket secara online pada sistem booking tiket dari maskapai tersebut.
Dilansir dari Engadget, Sabtu (08/09/2018), para hacker menjalankan dua aksinya pada 21 Agustus dan 5 September lalu. Mereka mengambil data penting pelanggan yang mem-booking tiket pada dua tanggal tersebut.

Walaupun tidak ada paspor atau informasi perjalanan yang dicuri, tetapi British Airways menyarankan kepada pelanggannya yang terpengaruh supaya menghubungi bank mereka dan mengatur ulang password dari akun untuk situs British Airways.

Baca Juga: Jepang Dikritik Soal RUU Pemblokiran Situs Peretas

Sayang, belum ada informasi lengkap mengenai pelanggaran keamanan tersebut. Namun untuk saat ini, British Airways menyatakan dalam laporannya bahwa situs mereka kembali berfungsi normal sehingga pemesanan di masa mendatang tidak akan terpengaruh oleh tindakan para hacker.

British Airways sendiri merupakan maskapai yang kerap memberikan sentuhan teknologi baru untuk meningkatkan layanannya. Seperti Juni lalu misalnya, British Airways menjadi maskapai pertama yang telah mengujicoba sistem pengenalan wajah biometrik untuk proses boarding.

Baca Juga: Percepat Proses Boarding, Maskapai Inggris Pakai Face Recognition

Proses tanpa kontak ini bergantung pada kemampuan sistem, ketimbang digabungkan dengan boarding pass. Bandara Internasional Los Angeles (LAX) merupakan lokasi pertama di Amerika Serikat yang mengujicobakan teknologi pengenalan wajah tanpa kertas.

Sistem ini menangkap foto masing-masing penumpang dan mengirimkannya ke patroli perbatasan pabean untuk dicocokkan dengan gambar digital yang diambil pada proses imigrasi awal. LAX mengklaim teknologi pengenalan wajah baru “sangat bermanfaat” untuk menghemat waktu dan keamanan bagi penumpang. (WS/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0