Siap Perang, Rusia Bangun ‘War Cloud’ Raksasa

Telset.id, Jakarta – Militer Rusia dikabarkan membangun sistem komputasi raksasa bernama War Cloud. Fungsinya sebagai sarana cadangan internet guna mengantisipasi ketika masa perang tiba.

Pembuatan cloud tersebut direncanakan rampung pada 2020 mendatang. Konon, cloud itu akan mengoneksikan jaringan internal militer sekaligus menjaga pertahanan siber Rusia ketika perang benar-benar pecah.

Menurut Daily Mail, Rusia akan tetap mampu menjalankan trafik komersial dengan jaringan internal milik sendiri. War Cloud juga sangat penting dan merupakan bagian dari motor modernisasi milik Rusia.

War Cloud dibangun dengan biaya sekitar Rp 84 miliar dan akan menjadi pusat data untuk seluruh negeri. Informasi menyebut, bagian pertama cloud tersebut sudah selesai dan berlokasi di distrik militer bagian selatan.

Area itu termasuk wilayah Crimea yang dicaplok secara ilegal oleh Rusia dari Ukraina. Langkah tersebut membuat kekuatan Rusia di distrik militer bagian selatan semakin kuat.

Penasehat IT Presiden Vladimir Putin, Herman Klimenko, menyatakan bahwa pada masa perang, Rusia akan tetap mampu beroperasi di dunia siber melalui jaringan internal yang disebut The Closed Transfer Segment.

Berita Terkait: Peretas Rusia akan Bobol Jaringan Komputer di Seluruh Dunia

Sam Bendett, seorang analis riset di organisasi non-profit CAN berpendapat bahwa War Cloud adalah kunci perlindungan data dari intervensi barat.

“Rusia berinvestasi di pengembangan teknologi tinggi militer, khususnya untuk memproduksi perangkat lunak maupun keras domestik,” jelas Bendett, yang dikutip Telset.id dari Daily Mail.

Sumber: Dailymail

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0