Facebook Kembali ‘Jiplak’ Fitur Snapchat

Telset.id, Jakarta – Facebook kembali ‘jiplak’ fitur Snapchat. Kini saat Anda membuka aplikasi Facebook, maka Anda akan menemukan kamera yang memberi saran untuk mengambil foto atau video dengan adanya filter berbasis Augmented Reality (AR) bertemakan Olimpiade.

Fitur baru ini mirip dengan yang ada di Snapchat, yang bisa mengubah wajah penggunanya dengan warna tim favorit atau menempatkan overlay AR di atas foto. Dengan fitur ini, Snapchat berhasil membuktikan mereka mampu bersaing dengan para kompetitornya, sebelum Facebook dan Instagram ‘mencontek’ fitur tersebut.

Di Instagram misalnya, terdapat fitur Stories yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi video atau foto yang akan hilang dalam 24 jam ke depan.

[Baca juga: Instagram Rilis Fitur Baru Mirip Snapchat]

Banyak orang berspekulasi bahwa dengan menghadirkan beberapa fitur yang mirip dengan Snapchat, maka Facebook akan lebih mudah membeli Snapchat untuk memadukan aplikasi ini ke dalam jejaring bisnis Facebook yang luas untuk layanan perpesanan, foto, dan berbagi video.

Sebagai informasi, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg pernah ingin meminang Snapchat dengan mahar senilai USD 3 miliar atau sekitar Rp 39 triliun. Namun pinangan itu ditolak oleh Snapchat.

Hal ini lah yang mungkin menjadi penyebab perusahaan sebesar Facebook berani “menjiplak” ide Snapchat dengan membawa fitur-fitur tersebut ke dalam aplikasi Facebook. Tapi bagi Snapchat, hal ini tentu akan menjadi motivasi tersendiri untuk terus berinovasi menghadirkan ide yang brilian agar lebih bisa bersaing dengan Facebook.[FHP/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -