Server Rusak, Penyebab Situs Kominfo Down

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membeberkan penyebab kenapa situs Kominfo down pada Selasa pagi (12/02/2019). Diungkapkan oleh Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu penyebab dari kasus ini adalah terjadi kerusakan di server data Kominfo.

Melalui keterangan resminya, Ferdinandus mengatakan bahwa tanda-tanda kerusakan pada situs Kominfo sudah mulai terjadi pada Senin kemarin (11/02/2019).

“Sebelumnya pada Senin pukul 14.30 WIB, terjadi kegagalan fungsi sistem virtualisasi server Data Center Kominfo. Penyebabnya adalah salah satu host mengalami crash,” jelasnya.

{Baca juga: Situs Kominfo Down, Tidak Bisa Diakses}

Ia juga menyatakan, kerusakan ini sempat berdampak kepada beberapa situs selain Kominfo, seperti situs e-PPID, infopublik.id dan balitbangsdm.kominfo.go.id. Kominfo sempat melakukan perbaikan dan situs kembali pulih beberapa jam sebelum akhirnya tak bisa diakses.

“Layanan website Kominfo sempat pulih pada pukul 15.30 WIB sampai Selasa pukul 05.00 WIB, kemudian terjadi lagi crash yang menyebabkan layanan website belum bisa diakses lagi,” tambahnya.

Terakhir Ferdinandus mengatakan, bahwa situs resmi mereka kembali dapat diakses oleh publik pada pukul 10.30 tadi. Pihaknya pun meminta maaf atas kejadian tersebut.

Situs Kominfo

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada publik atas gangguan beberapa jam tersebut,” ucap Ferdinandus.

{Baca juga: Kominfo Jamin Perizinan Perangkat Telekomunikasi Cuma Sehari}

Seperti diketahui bahwa Kominfo tak bisa diakses atau mengalami server down sejak pagi tadi, Selasa (12/02/2019). Situs dengan alamat Kominfo.go.id itu hanya menampilkan informasi tentang adanya kerusakan di halaman utamanya.

“Internal Error. Maaf halaman situs yang Anda cari tidak dapat ditemukan. Silakan periksa kembali alamat situs yang ingin Anda kunjungi,” demikian pesan kesalahan yang ditampilkan untuk menjelaskan bahwa situs sedang down. (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI