Sensor Ponsel Ini Bisa Deteksi Makanan Basi

Telset.id, Jakarta – Peneliti dari University of Texas di Austin, Guihua Yu, mengembangkan sensor yang mudah digunakan untuk mendeteksi makanan kedaluwarsa. Sensor tersebut cukup dimasukkan secara nirkabel ke ponsel.

“Nantinya, ponsel bisa dipakai mendeteksi gas yang dipancarkan keluar dari makanan kedaluwarsa,” kata Yu, seperti dikutip Telset.id dari Geek, Jumat (6/7/2018).

Yu mengumpulkan sensor gas kecil dengan kepekaan tinggi bernama amina biogenik. Gas itu mendeteksi bau makanan atau produk yang tak bisa dikonsumsi. Sensor disematkan ke near-field communication (NFC) untuk mengetas daging basi.

Peneliti menempatkan sensor di samping daging yang memiliki suhu 86 derajat Fahrenheit. Jumlah biogen amina yang signifikan kemudian dihasilkan pada periode pengujian.

Baca juga: Pembuat Rudal di Tiongkok Bikin Gadget Pengendus Daging

Sensor berhasil mendeteksi amina biogenik dan menginformasikan daging busuk ke ponsel yang terletak sekitar empat inci dari jangkauan nirkabel NFC.

Yu mencatat, penelitian tersebut barulah tahap awal. Ia menyebut, masih butuh waktu lebih sebelum sensor siap diluncurkan ke pasar. Ia juga mencoba meningkatkan desain kemasan dan perangkat.

“Kami mengembangkan sensor itu untuk konsumen rumah tangga dan industri. Pengguna hanya membutuhkan ponsel yang disematkan ke modul NFC. Metode tersebut hemat biaya dan bisa digunakan di beberapa fasilitas makanan,” jelas Yu.

Namun, konsep itu kurang menarik meniat ahli keamanan pangan sekaligus Direktur Program Departemen Nutrisi Klinis University of Texas Southwestern Medical Center’s School of Health Professions di Dallas, Lona Sandon.

Baca juga: Tenang.. Radiasi Ponsel Aman Bagi Manusia

“Jika sensor tersebut bisa mendeteksi gas di tingkat sangat rendah, apakah kita akan langsung membuang makanan padahal sesungguhnya makanan itu masih bisa dimakan?,” tegasnya. [SN/HBS]

Sumber: Geek

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0