telset

Selamat! SMS Genap Berusia 20 Tahun

Jakarta – Hari ini layanan SMS berulang tahun yang ke-20. Sebelum menjamurnya instan messaging seperti sekarang ini, layanan pesan singkat ini merupakan cara untuk mengirimkan pesan teks yang paling disukai.

3 Desember 1992 merupakan tanggal yang ditetapkan sebagai hari kelahiran pesan teks pertama kali di dunia. Saat itu, layanan SMS pertama kali diterapkan di Inggris. Adalah Neil Papworth, insinyur yang bekerja di Inggris dan mendapat kehormatan untuk mengirimkan SMS perdana di dunia.

Apa yang ia tulis? Papworth tidak menulis “Hello World” sebagai tanda bahwa SMS menyapa dunia. Papworth justru menulis pesan, “Merry Christmas”. Demikian yang telsetNews kutip dari Ubergizmo, Senin (4/11).

Papworth  mengatakan pada hari itu Vodafone ingin mencoba untuk mengirimkan pesan ke Richard Jarvis, salah satu direktur di sana, yang sedang melangsungkan pesta natal.

“Jadi kami duduk di depan komputer dan mengetik pesan untuknya dan kemudian mengirimkan pesan ‘Merry Christmas’. Bagi saya, itu hanya hari uji coba, hal itu tampaknya tidak menjadi sesuatu yang penting,” ungkap Papworth.

Kini di usianya yang ke-20, posisi SMS semakin “terpinggirkan” akibat mulai  menjamurkan berbagai aplikasi instant messaging, seperti BlackBerry Messenger, Whatsapp, dan lainnya. Namun itulah konsekuensi dari berkembangnya teknologi yang sangat cepat. Akan selalu ada teknologi baru yang muncul, sementara teknologi yang lama pelan-pelan mulai ditinggalkan. Selamat ulang tahun SMS! [lkh/hbs]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0