Sejumlah BTS Operator Down di Lokasi Gempa

Jakarta – Gempa 8,5 scala richter yang mengguncang wilayah Aceh dan Sumatera Utara telah melumpuhkan infrastruktur di daerah tersebut. Jaringan telekomunikasi di sekitar wilayah bencana  dilaporkan mengalami gangguan yang disebabkan sejumlah BTS (base transceiver station) milik operator mati.

Hal ini diungkapkan para operator seluler saat dihubungi Telsetnews, Rabu (11/4). Ada beberapa wilayah yang disebutkan mengalami gangguan karena kurangnya pasokan listrik.

Tadi sekitar pukul 19.25 WIB jaringan milik Axis di Aceh mati karena disebabkan ada 31 BTS milik XL yang down akibat aliran listriknya terputus, sehingga jaringan Axis ikut mati, terang Head of Corpotare Communications Axis, Anita Avianti kepada Telsetnews, Jakarta, Rabu (11/4).

Ia mengungkapkan, untuk wilayah Aceh, memang Axis menggunakan jaringan milik XL. Di Aceh layanan Axis terselenggara karena kami melakukan nasional roaming agreement dengan pihak XL, ungkapnya.

Sedangkan untuk wilayah Medan, lanjut Anita, ada 39 BTS milik Axis yang down karena aliran listrik padam. Sementara ini kami menggunakan ganset untuk mengatasi masalah pasokan listrik, jelasnya.

Situasi serupa dialami Telkomsel. Head of Corporate Communication Division Telkomsel, Ricardo Indra mengungkapkan, saat ini jaringan Telkomsel aman tidak ada yang rusak akibat gempa.

Transmisi masih berjalan normal, namun memang terdapat beberapa BTS Telkomsel tidak dapat berjalan normal karena tidak mendapat suplai listrik. Saat ini kami menggunakan genset cadangan agar tetap hidup, ujar Indra

Mudah-mudahan kondisinya tidak semakin buruk, dan masalah pasokan listrik bisa kembali normal, ucapnya. Indra juga menyebutkan, terjadi lonjakan trafik komunikasi yang luar biasa saat ini di daerah sekitar bencana.

Sementara itu Head of Corporate Communication Indosat, Djarot Handoko menerangkan, akibat gempa yang terjadi hari ini, beberapa BTS Indosat sempat mengalami gangguan, karena adanya pemadaman listrik dari pihak PLN. Tim teknis kami di area sedang melakukan langkah perbaikan, dan secara bertahap jaringan sudah kembali normal, kata Djarot

Hal senada diungkapkan Turina Farouk, VP Corporate Communication XL, yang mengklaim jaringan XL menjadi satu-satunya yang tetap aman dan berfungsi dengan baik.

Kami berharap bisa membantu dan  mendukung  warga Aceh dan sekitarnya dalam berkomunikasi dengan sanak saudara di tengah kondisi bencana, ujar Turina dalam pesan singkatnya kepada Telsetnews. [hbs]

 

Previous articlePerkuat Jaringan, XL Berhasil Bangun 30 Ribu BTS
Next article2013, Samsung Mulai Gunakan Layar Fleksibel ’‘Youm’™

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here