telset

Sejarah MS Paint, Dan Kenapa Kita Jatuh Cinta Padanya

Telset.id, Jakarta – Microsoft menyatakan bahwa dukungan terhadap Microsoft (MS) Paint akan dihentikan. Bukan dimatikan begitu saja, namun pihak Microsoft mengaku akan mengmbangkan sebuah software pengolah gambar 3D bernama Paint 3D yang akan menggantikan posisi MS Paint.

Padahal, MS Paint adalah aplikasi yang sudah ada dan sangat dicintai oleh para pengguna komputer dengan sistem operasi Windows selama 32 tahun terakhir. Dan tentunya, aplikasi ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Penasaran dengan sejarah Microsoft Paint? Simak pemaparan sejarah aplikasi Paint dari tim Telset.id berikut ini.

{Baca Juga: Cara Lengkap Mematikan Auto Update Windows 10, Pasti Permanen!}

Sejarah MS Paint

Kehadiran MS Paint tidak lepas dari peluncuran komputer IBM pada 1981. Kala itu, IBM mencatatkan standar baru bagi dunia komputer di masa yang akan datang. Komputer IBM kala itu hanya memiliki satu input, yakni hanya menggunakan keyboard saja.

Namun pada 1983, sebuah perusahaan bernama Mouse System memperkenalkan perangkat mouse untuk pertama kalinya. Mereka mengatakan bahwa mouse akan menjadi masa depan dari komputer.

Tertarik dengan mouse, pada akhirnya Microsoft bekerja sama dengan perusahaan tersebut dan meluncurkan Microsoft Mouse pada 1984. Inilah awal dari perkembangan software pengolah gambar berbasis mouse.

Singkat cerita, pada 1984 sebuah software bernama PC Paint muncul di pasaran. Software ini dijual bersamaan dengan penjualan mouse yang kala itu sedang menuai sukses.

Mulai tahun itulah, peperangan penciptaan software pengolah gambar dimulai. Pada akhirnya, pada 1987 Microsoft mengeluarkan sistem operasi Windows 1.0 untuk pertama kalinya.

Salah satu program yang ada di dalamnya adalah software pengolah gambar bernama PC Paintbrush. Akan tetapi, software tersebut bukanlah milik Microsoft, melainkan milik perusahaan bernama ZSoft.

{Baca Juga: Cara Mudah Aktivasi Windows 10 Permanen di PC atau Laptop}

Beralih ke tahun 1990, kala itu Microsoft meluncurkan Windows 3.0 yang masih memiliki software PC Paintbrush di dalamnya. Tapi, Microsoft memilih untuk membuang kata ‘PC’ dan hanya menggunakan nama Paintbrush saja.

Pada Agustus 1995, program Paint dibuat oleh Microsoft dan diperkenalkan ke publik. Aplikasi ini muncul bersama Windows 95 dan memiliki palet warna yang sangat beragam, yang dapat dikreasikan menjadi gambar berwarna.

Meloncat langsung ke tahun 2009, perubahan drastis yang dilakukan oleh Microsoft adalah membawa fitur Artisitc Brush ke software tersebut. Fitur ini hadir bersamaan dengan sistem operasi Windows 7 mereka.

Itulah sejarah aplikasi Microsoft Paint

Meskipun di luar sana banyak aplikasi pengolah gambar profesional seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lainnya, namun MS Paint sudah terlanjur dicintai oleh para penggunanya. Bukan karena sudah terpasang di sistem operasi saja, namun lebih dikarenakan kemudahan penggunaan software jika dibandingkan dengan software lainnya. [NC/IF]

1 KOMENTAR

  1. […] https://telset.id/news/sejarah-ms-paint-dan-kenapa-kita-jatuh-cinta-padanya/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0