telset

Seagate Kembangkan Hard drive 3.5 Berkapasitas 60 Terabyte

Jakarta – Perusahaan yang bergerak dalam penyimpanan data, Seagate telah membuat rekor baru dalam industri hard drive. Saat ini, Seagete telah menjadi pembuat hard drive pertama dalam hal densitas penyimpanan data sebesar 1 terabit (1 biliun bit) per inci persegi. Dari pencapaian yang dilakukannya, nantinya akan menghasilkan teknologi yang bisa melipatgandakan kapasitas penyimpanan pada hard drive.

Dari penemuan ini, Seagate berencana akan membuat hard drive ukuran 3.5 inci tetapi dengan kapasitas jumbo yakni 60 Terabyte. Saat ini, kapasitas maksimum hard drive 3.5 hanya mencapai 3 Terabyte (TB), pada kepadatan 620 gigabit per inci perseginya.

Jika analogikan, jumlah bit per inci perseginya jauh melampaui jumlah bintang di galaksi Bima Sakti. Perlu diketahui, para astronom berpendapat bahwa jumlah bintang di galaksi Bima Sakti sekitar 200 miliar dan 400 miliar.

Keberhasilan Seagate tersebut berkat teknologi yang dinamakan Heat-Assisted Magnetic Recording  (HAMR), sebuah teknologi perekaman data generasi lanjut. Teknologi hard drive yang ada saat ini adalah  Perpendicular Magnetic Recording (PMR). Teknologi tersebut digunakan untuk merekam spektrum untuk data digital seperti  musik, foto, dan video.

Pertumbuhan social media, mesin pencarian digital, komputasi awan, rich media dan aplikasi-aplikasi lain yang menyedot data, terus membutuhkan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar, kata Mark Re, wakil direktur utama senior dari Heads and Media Research and Development Seagate seperti dalam keterangan pers rilisnya, Selasa (21/03).

Inovasi hard disk sejenis HAMR akan menjadi kunci pembuka makin berkembangnya jumlah aplikasi-aplikasi yang menyedot data di masa depan, memperluas cara penggunaan, pengelolaan, dan penyimpanan konten-konten digital oleh pebisnis dan konsumen, tambahnya. (tsn/hz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0