Rusia Mulai Gunakan Robot Sebagai Pembaca Berita

Telset.id, Jakarta – Stasiun TV di Rusia dilaporkan telah menggunakan robot sebagai pembaca berita. Meski begitu, sejumlah penonton mengaku tidak terkesan dengan robot humanoid bernama Alex ini.

Alex telah membacakan berita dalam program acara Rossiya 24, yang berisi tentang pertanian dan teknologi nuklir, serta sejumlah topik lainnya. Menurut BBC News, Robot ini bisa menggerakan kepala dan wajahnya ketika membacakan berita. Pun demikian dengan anggota tubuh lainnya, yang ia gerakkan setelah selesai dengan tugasnya.

Munculnya Alex di televisi telah menyebabkan beberapa kontroversi. Sejumlah pemirsa mengatakan itu adalah upaya “propaganda”, sebagian mengatakan robot ini merupakan generator berita palsu. Sementara sebagian lagi sibuk mengejek penampilan Alex yang dinilai aneh.

{Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Robot Daur Ulang Sampah}

Saluran televisi ini mengatakan, Alex merupakan robot buatan Rusia. Harga robot ini sekitar US$ 15.600 atau sekitar Rp 219 juta.

Sebagian besar pemirsa percaya itu hanyalah aksi untuk mempromosikan teknologi buatan Rusia. Untuk diketahui, Alex mulai diproduksi sejak 2017 dan diharapkan selesai akhir tahun ini.

“Ini untuk pemirsa TV yang telah menyaksikannya tampil. Bisakah robot menggantikan jurnalis?, ” tanya Rossiya 24 di websitenya.

{Baca juga: Astrobee, Robot Lebah NASA Siap “Sengat” Astronot di ISS}

Selain Rusia, Jepang juga diketahui sudah berkali-kali mencoba menghasilkan robot yang bisa bersikap dan bertindak tak ubahnya manusia. Di masa depan, selain mereka yang bisa menjaga meja resepsionis atau membantu pekerjaan rumah, kita juga mungkin akan menyaksikan pertandingan basket antara manusia dan robot atau mungkin robot dan robot.

Ya, pabrikan mobil asal Jepang, Toyota belum lama ini berhasil merancang CUE 3, semacam robot humanoid 6,3 yang jago main basket.

Kemampuan robot humanoid ini bermain basket memang baru sebatas melemparkan bola ke dalam ring. Tapi hebatnya, robot ini sangat jago melakukan lemparan 3 angka atau three points. [BA/IF]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0