Robot Stickman yang Jago Koprol ke Belakang

Telset.id, Jakarta – Disney Research membuat robot bernama Stickman. Bentuknya seperti tongkat, tetapi punya kemampuan akrobatik di udara. Ia cukup menghibur, seperti penari yang tampil di pertunjukan sirkus, robot Stickman sangat jago koprol.

Tak cuma itu, Stickman bisa berjalan di atas kawat di ketinggian enam meter. Bahkan, ia sanggup melakukan blackflip, semacam salto atau koprol ke belakang. Untuk mempraktikannya, Stickman menggunakan laser dan sistem komputer.

Dilansir Independent, memanfaatkan laser sebagai pengukur jarak dan sistem komputer dalam beratraksi, Stickman bisa melakukan pendaratan tepat setelah melakukan backflip. Ia juga bisa mengontrol keseimbangan ketika berjalan di atas kawat.

Stickman bukanlah robot pertama yang bisa melakukan lompatan blackflip.Sebelumnya, ada robot humanoid Boston Dynamics bernama Atlas yang sukses melakukan blackflip pada tahun lalu. Robot Atlas juga sanggup berlari dan melompati rintangan.

Robot Atlas berlari tanpa ada sambungan kabel. Robot Atlas sebelumnya pernah mati-matian berjuang untuk sekadar berjalan di luar ruangan. Setelah misi itu berhasil, Robot Atlas akhirnya mampu melakukan berbagai aktivitas layaknya manusia.

Baca juga: Duh, Orang akan Lebih Suka ‘Ngeseks’ dengan Robot

Baru-baru ini, Boston Dynamics juga akan menjual robot anjing buatannya pada tahun depan. Namanya SpotMini. Ia layaknya anjing sungguhan yang bisa bergerak kesana-kemari, menghindari segala penghalang berkat bantuan kamera yang menggantikan fungsi mata.

SpotMini memang tak punya kepala sehingga tampak sedikit aneh jika menganggapnya benar-benar seperti anjing. Warna tubuhnya kuning dengan empat kaki besi nan lincah. Meski tak punya kepala, SpotMini tahu persis soal lingkungan sekitar, termasuk siapa majikannya.

Sumber: Independent

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here