Resmi Diluncurkan, Ini 6 Keunggulan Snapdragon 8 Gen 2

Telset.id, Jakarta – Qualcomm Technologies, Inc resmi memperkenalkan chipset terbarunya Snapdragon 8 Gen 2. Chipset SD 8 Gen 2 ini ditujukan untuk produk smartphone dengan berbagai keunggulan di dalamnya.

Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc Chris Patrick menjelaskan kalau chipset ini akan menjadi standar baru serta dirancang dengan teknologi AI untuk memberikan pengalaman maksimal ke pengguna smartphone.

“Snapdragon 8 Gen 2 menghadirkan terobosan AI, konektivitas yang tak tertandingi, dan gameplay tingkat juara, memungkinkan OEM untuk meningkatkan setiap pengalaman di perangkat mereka yang paling tepercaya,” ujar Chris.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Rabu (16/11/2022), Chris juga memprediksi kalau chip akan mempengaruhi tren inovasi smartphone di tahun 2023 mendatang.

“Kami bersemangat untuk membuat orang lebih produktif, maka dari itu kami merancang
Snapdragon dengan memosisikan pengguna sebagai pusat inovasi kami. Chipset buatan kami akan merevolusi lanskap smartphone unggulan di tahun 2023,” sambungnya.

BACA JUGA:

6 Keunggulan Snapdragon 8 Gen 2 

Snapdragon 8 Gen 2

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform atau chipset SD 8 Gen 2, membawa berbagai peningkatan dari seri sebelumnya Snapdragon 8 Gen 1. Selain itu terdapat beberapa keunggulan yang disematkan chipset ini. Apa saja?

1. Ditenagai Qualcomm AI Engine Tercepat

Chipset ini ditenagai oleh Qualcomm AI Engine tercepat dan tercanggih,
yang mampu terintegrasi pada seluruh sistem. Tidak ketinggalan ada Qualcomm Hexagon Processor yang telah ditingkatkan, sehingga pemrosesan bahasa bisa lebih cepat dengan dan fitur kamera AI yang canggih.

Kemudian chipset SD 8 Gen 2 menjadi chipset Snapdragon pertama yang mendukung format presisi AI yaitu INT4, sehingga mampu membawa peningkatan 60% dari segi kinerja dibandingkan chipset pendahulunya.

2. Mampu Menyempurnakan Hasil Foto dan Video 

Keunggulan Snapdragon 8 Gen 2 berikutnya dari segi fotografi. Chipset memakai teknologi Cognitive ISP pertama, yang mampu membuat foto bisa lebih sempurna.

Caranya dengan membuat  kamera secara kontekstual mengenali wajah, fitur wajah, rambut, pakaian, langit, serta mengoptimalkannya satu per satu sehingga gambar lebih detail dan tampak profesional.

Sedangkan untuk video, chipset memiliki teknologi AV1 codec yang mendukung pemutaran video hingga 8K HDR.

3. Peningkatan Performa GPU dan CPU 

Snapdragon 8 Gen 2 juga cocok untuk smartphone gaming, karena adanya peningkatan pada perangkat GPU dan CPU. Chipset terbaru Qualcomm ini dipadukan oleh GPU Qualcomm Adreno yang ditingkatkan sehingga memberikan kinerja 25% lebih cepat.

Begitu pun dengan pemakaian CPU Qualcomm Kryo yang memungkinkan efisiensi daya hingga 40% lebih banyak, sehingga membuat baterai lebih tahan lama saat HP diajak gaming.

Terdapat pula Unreal Engine 5 Metahumans Framework dan teknologi Ray Tracing, yang mampu menghadirkan cahaya, pantulan, dan iluminasi yang nyata ke game seluler.

BACA JUGA:

4. Mendukung Jaringan 5G 

Smartphone 5G sudah menjadi tren sejak tahun 2020, sehingga di SoC ini dapat dipasangkan ke HP yang mendukung jaringan 5G. Apalagi chipset mempunyai Snapdragon X70 5G Modem-RF System dengan Qualcomm 5G AI
Processor.

Teknologi yang memungkinkan jaringan 5G dapat terkoneksi dengan baik di smartphone, sehingga pengguna bisa dapat mengakses internet 5G untuk mengunduh data, streaming film atau bermain game.

5. Memiliki Teknologi Snapdragon Sound 

Qualcomm juga memperhatikan aspek audio untuk chipset terbarunya. Hal ini mengapa di Snapdragon 8 Gen 2, ada teknologi Snapdragon Sound, yang diklaim mampu menampilkan audio spasial dengan pelacakan gerakan kepala yang dinamis.

Tujuannya agar pengguna bisa merasakan pengalaman penuh suara surround dan mendukung streaming musik lossless 48kHz, sehingga musik bisa terdengar lebih jelas.

6. Teknologi Keamanan Snapdragon Secure 

Aspek keamanannya jangan diragukan lagi. Terdapat Snapdragon Secure, yang  menawarkan fitur isolasi terbaru, kriptografi, manajemen kunci, pengesahan dan lain sebagainya. Itu semuanya dirancang dengan rumit untuk melindungi data dan privasi pengguna.

Snapdragon 8 Gen 2 akan diadopsi oleh sejumlah produsen smartphone seperti ASUS Republic of Gamers, Honor, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, RedMagic, Redmi, Sharp, Sony Corporation, Vivo, Xiaomi, XINGJI/MEIZU, dan ZTE. Rencananya smartphone pertama yang memakai chipset 8 Gen 2 akan diluncurkan akhir 2022. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI