Ngeri! Ini yang Terjadi saat Artificial Intelligence Kuasai Dunia

artificial intelligence

Telset.id,Jakarta – CEO Microsoft, Satya Nadella mengingatkan bahwa umat manusia akan menyaksikan sebuah perubahan yang sangat besar yang dibawa akibat kemajuan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Dalam pidatonya di London, Selasa (23/5/2018), Satya Nadella mengatakan dunia sedang berdiri di ambang lompatan besar ke depan saat mesin telah melampaui kemampuan intelektual manusia.

Dia menuturkan, teknologi digital akan segera terhubung ke dalam kehidupan sehari-hari hingga pada tingkat manusia telah menganggap dunia sebagai komputer.

Nadella mencontohkan saat ini banyak peralatan baru yang diproduksi perusahaan dilengkapi dengan AI, termasuk alat transkripsi pertemuan yang secara otomatis dapat mencatat notulen rapat menggunakan aplikasi pengenalan suara.

Setiap langkah manusia, kemungkinan akan ditonton dan diperiksa oleh perangkat yang dimiliki. Hal itu juga memungkinkan perusahaan teknologi untuk memiliki data yang sangat besar dan mengerikan dari setiap kehidupan manusia sehari-hari.

“Teknologi digital semakin tertanam di setiap tempat, semua hal dan setiap orang. Setiap langkah kehidupan pada dasarnya dibentuk oleh teknologi digital. Ini terjadi di rumah kita di tempat kerja kita, tempat hiburan kita. Perubahan yang kita lihat sangat luar biasa,” katanya.

Baca juga: Elon Musk: Artificial Intelligence Bisa Picu Perang Dunia 3

Kecerdasan buatan juga akan merevolusi perawatan medis dan memainkan peranan penting dalam pengembangan teknologi mutakhir. Ia mencontohkan seperti mobil tanpa pengemudi.

Dia menambahkan, artificial intelligence perlahan juga akan menggantikan peran manusia, misalnya di call centre, pabrik, bahkan tidak menutup kemungkinan di dunia perbankan. [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here