Komputer Jadul Apple II Ditemukan Simpan “Harta Karun”

Telset.id, Jakarta – John Pfaff, profesor hukum di Fordham University New York, Amerika Serikat, begitu terkejut. Saat masuk ke loteng rumah, ia menemukan sebuah komputer jadul seri Apple II yang dirilis pada 1983.

Saat ditemukan, komputer tersebut sudah berumur 36 tahun. Hal yang mencengangkan adalah komputer peninggalan orang tuanya itu ternyata masih dapat berfungsi secara baik kendati penuh debu dan kotoran.

“Saya memasukkan disket game lama dan muncul pertanyaan, “Apakah Anda ingin mengembalikan game yang tersimpan?”. Saya pun mendapatkannya!,” papar Pfaff lewat akun Twitter miliknya, seperti dilansir CNN.

Dikutip Telset.id, Rabu (20/2/2019), game yang dimaksud adalah Adventureland. Asal tahu saja, Adventureland adalah permainan petualangan teks pertama untuk mikrokomputer yang dirilis oleh Scott Adams pada 1978.

Baca juga: Komputer Bersejarah Apple-1 Terjual Rp 5,5 Miliar

Tak cukup sampai di situ, Pfaff kemudian juga mencoba beberapa judul lain, termasuk permainan trivia Millionware, Olympic Decathlon, dan Neuromancer yang rilis pada 1989 silam berdasarkan buku William Gibson.

Ia menemukan pula surat yang diketik sang ayah pada 1986. Surat itu diketik ketika Pfaff berusia 11 tahun dan sedang mengikuti perkemahan musim panas. “Ayah saya meninggal dunia hampir setahun lalu,” ujarnya.

Unit utama untuk Apple IIe awalnya diluncurkan dengan banderol USD 1.395. Saat ini, harganya setara USD 3.510. Satu unit yang dibeli dengan aksesoris seperti monitor dijual USD  1.995 hingga USD 5.025 pada hari ini.

Baca juga: 35 Tahun Lalu, Virus Pertama Komputer Serang Apple II

Komputer tersebut hadir dengan fitur-fitur baru, termasuk huruf besar dan kecil, fungsi penuh tombol Shift dan Caps Lock, serta kontrol kursor empat arah. Komputer punya RAM 64KB dan dapat diperluas ke 1 MB. [SN/HBS]

Sumber: CNN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI