Keren, Robot Humanoid Atlas Kini Bisa Parkour

Telset.id, Jakarta – Robot buatan Boston Dynamics, Atlas, kini memiliki kemampuan parkour. Robot Humanoid ini telah belajar untuk berlari, melakukan backflips, dan kini ia mampu melompati rintangan dan secara dinamis menggeser beratnya ketika melompat dari satu tempat ke tempat lain.

Dengan kemampuan barunya ini, Atlas menunjukan bahwa tidak ada yang tidak bisa dia lakukan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Sejak pertama kali diungkap ke publik pada tahun 2013, Atlas terus meningkatkan lebih banyak keterampilan, melampaui tonggak masa lalu karena kini Atlas menjadi lebih mirip manusia.

Untuk membuat Atlas dapat melompati kotak kayu setinggi 40cm seperti dalam video ini, penciptanya harus mengupgrade perangkat lunaknya.

“Software yang mengatur gerakan, menggunakan seluruh tubuh termasuk kaki, lengan dan badan, untuk mengumpulkan energi dan kekuatan untuk melompati kayu dan melangkah tanpa melanggar kecepatannya,” kata Boston Dynamics.

Baca juga: Wow! Robot Bernama Atlas Ini Jago Koprol

Atlas menggunakan computer vision untuk menempatkan tubuhnya sendiri untuk mencapai dataran secara akurat, ketika melakukan lompatan.

Atlas memiliki tinggi 1,5 m (4,9 kaki) tinggi dan berat 75kg (11,8st). Robot ini dapat menggunakan lengannya untuk mengangkat, membawa, dan memanipulasi objek di lingkungannya.

Boston Dynamics mengklaim bahwa ‘di medan yang sangat menantang, Atlas cukup kuat dan terkoordinasi. Robot ini juga dapat memanjat menggunakan tangan dan kaki, untuk memilih jalan melalui ruang yang sempit.

Robot ini juga dapat memperbaiki keseimbangannya sendiri jika terdorong atau terlempar untuk menghindari terjatuh.

Baca juga: RoboFly, Robot Lalat Canggih Bertenaga Laser

Robot ini, sedang dikembangkan sehingga dapat digunakan dalam operasi pencarian dan penyelamatan. Selain itu, Atlas juga dilatih untuk kegiatan di rumah, seperti menyapu atau menyedot debu.

Sumber: Metro.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here