HP Lama dan Limbah Elektronik Sebaiknya Diapakan?

Telset.id, Jakarta – HP lama, laptop tak terpakai, dan limbah elektronik lain sebaiknya diapakan biar tidak menimbulkan pekerjaan rumah bagi Anda?

Anda mungkin menumpuk HP lama maupun barang elektronik lain yang tidak lagi terpakai sehingga punya potensi menimbulkan sampah berbahaya.

Dalam dua bulan terakhir, Apple, Google, dan Samsung telah meluncurkan smartphone anyar serta perangkat lain agar konsumen melakukan upgrade.

Namun, dalam prosesnya, Apple, Google, Samsung maupun perusahaan lain mungkin menambah masalah yang berkembang, yakni limbah elektronik.

BACA JUGA:

Umur terbatas dari banyak gadget dikombinasikan beberapa opsi untuk memperbaiki perangkat yang lebih tua memicu kenaikan limbah elektronik.

Data PBB menunjukkan bahwa dunia menghasilkan hingga 53,6 juta metrik ton limbah elektronik pada 2019 dan hanya 17,4 persen yang didaur ulang.

Tahun ini adalah kesempatan bagi kita untuk merenungkan dampak limbah elektronik dan berbuat lebih banyak untuk memperbaiki atau mendaur ulangnya.

Forum WEE, organisasi nirlaba di Brussel, mengatakan bahwa fokus tahun ini adalah mengambil aksi agar ke depan semakin sedikit limbah elektronik.

Sebab, mungkin, banyak orang secara tidak sengaja menumbun ponsel, headphone, remote control, hingga mouse komputer yang sudah tidak terpakai.

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa anak-anak sering memakai tangan untuk memproses tumpukan sampah elektronik.

Fenomena terseut paling banyak terjadi di negara berkembang. Mereka biasanya mencari elemen berharga seperti tembaga, perak, paladium, dsb.

WHO mengatakan, lebih dari 18 juta anak terpapar berbagai dampak kesehatan negatif saat terlibat dalam industri pengolahan limbah elektronik informal.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil dengan HP lama, laptop, maupun pengisi daya tak terpakai untuk mengurangi limbah elektronik.

BACA JUGA:

limbah elektronik HP Lama

1. Layanan pembuangan limbah elektronik

Apakah daerah Anda menawarkan layanan pembuangan limbah elektronik?  Layanan itu merupakan cara termudah untuk mengatasi gadget menumpuk.

Dampak kolektif dari daur ulang limbah elektronik sangat mengejutkan. Untuk setiap satu juta HP yang didaur ulang, ada banyak bahan yang bisa dipakai.

Telset kutip dari CNN, Senin (17/10/2022), satu juta HP daur ulang bisa menghasilkan 35.000 pon tembaga, 772 pon perak, 75 pon emas, 33 pon paladium.

2. Cari pengepul barang elektronik bekas

Jika tidak menemukan pusat daur ulang terdekat, Anda bisa mencari pengepul barang elektronik bekas. Di sana, gadget lawas Anda akan dimanfaatkan.

Selain menghindari tumpukan barang di rumah sekaligus meminimalisasi kemungkinan limbah elektronik, Anda bisa mendapatkan uang dari pengepul.

3. Jangan “kalap” gonta-ganti HP

Aktivis lingkungan mengatakan, langkah paling penting untuk mengatasi masalah limbah elektronik yang menumpuk adalah cerdas dalam memakai gadget.

Hindari kebiasaan kalap ganti perangkat setiap muncul produk baru. Aktivis lingkungan mengimbau supaya kita menggunakan perangkat selama mungkin. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0