Gawat! Asteroid Raksasa akan Menabrak Bumi, NASA Bersiaga

Telset.id, Jakarta  – Badan antariksa di seluruh dunia, termasuk NASA, bersiaga karena asteroid raksasa selebar 89 kaki akan melewati Bumi. Dikhawatirkan Asteroid raksasa itu akan menabrak Bumi.

Kabar menakutkan tentang asteroid dengan ukuran raksasa akan menabrak Bumi yang bisa memicu kerusakan parah pada Bumi sudah sering diberitakan selama bertahun-tahun.

Asteroid akan menabrak Bumi bahkan menjadi tren di antara gerakan fiksi ilmiah dalam dua dekade terakhir. Orang-orang pun sering bertanya-tanya apa yang akan terjadi?

BACA JUGA:

Apakah sebenarnya hal itu benar-benar akan terjadi dalam kehidupan nyata? Peluangnya mungkin memang tidak terlalu besar, tetapi akan tetap ada.

Lagi pula, kita tidak tahu banyak tentang ruang selain dari apa yang diceritakan. Dalam beberapa hari terakhir, asteroid besar telah menjadi kontroversi.

Seperti dilansir Gizchina, badan antariksa di seluruh dunia, termasuk NASA, bersiaga karena asteroid ukuran raksasa selebar 89 kaki akan melewati Bumi.

NASA telah memperingatkan bahwa batuan luar angkasa bernama Asteroid 2023 CJ1 tersebut akan mendekati Bumi dengan jarak 4,8 juta kilometer.

Dalam ilmu astronomi, jarak sejauh itu relatif dekat. Asteroid 2023 CJ1 akan melesat menuju Bumi dengan kecepatan 25.755 kilometer setiap jam.

Lesatan itu setara dengan kecepatan ganda rudal balistik hipersonik. NASA menyatakan bahwa tidak ada alasan bagi manusia di Bumi untuk khawatir.

Kendati demikian, Telset kutip pada Selasa (14/2/2023), NASA bakal tetap mengamati pergerakan Asteroid 2023 CJ1 selama melintas melewati Bumi.

NASA memang fokus mempelajari asteroid dan benda langit lain. NASA memiliki sistem pemantauan dampak menggunakan algoritma. Namanya Sentry-II.

Fungsinya untuk menghitung risiko dampak objek Near-Earth. Dengan sistem tersebut, NASA dapat melacak jalur orbit Asteroid melalui data infra merah.

BACA JUGA:

NASA bahkan dapat memprediksi orbit benda-benda itu pada masa depan. Sampai sekarang, hampir sebanyak 28.000 asteroid di dekat Bumi telah ditemukan.

Sejauh ini, tidak satupun dari mereka menimbulkan ancaman nyata bagi Bumi. Namun, NASA tidak ingin membuang kemungkinan ancaman pada masa depan. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI