Algoritma Sediakan Pelatihan Khusus Buat Para “Data Scientist”

Telset.id, Jakarta Evolusi data science sedang terjadi di masa kini dan masih akan terus berlanjut di masa depan. Banyak perusahaan di Indonesia yang sudah mengumpulkan data dari aktivitas bisnis mereka, namun banyak juga yang belum mampu mengubah data tersebut menjadi informasi.

Hal ini diakibatkan oleh kurangnya kompetensi internal, terutama data scientist di perusahaan. Melihat fenomena inilah Algoritma dibentuk. Dibangun dengan tujuan mengisi kekosongan antara permintaan dan persediaan data scientist di Indonesia.

“Algoritma menyediakan pelatihan intensif data science bagi siapa saja yang tertarik menjadi data scientist dalam waktu singkat”, kata Nayoko, co-founder Algoritma.

Lebih lanjut, sebagai penyedia pendidikan data science satu-untuk-semua, Algoritma membantu setiap siswanya bukan hanya dalam kebutuhan akademis namun juga pekerjaan.

Algoritma memberikan pelatihan data science disertai dengan contoh dan aplikasi yang sebenarnya di dunia kerja, dukungan pengembangan karir, jaringan korporat dan komunitas, serta bantuan dari mentor yang ahli di bidangnya masing-masing. Algoritma juga menyediakan kesempatan bekerja bagi para lulusan yang memenuhi kualifikasi tertentu.

Nayoko juga menjelaskan, kurikulum Algoritma dibagi menjadi dua spesifikasi, yakni visualisasi data dan machine learning. Dalam dua spesifikasi ini, setiap siswa akan belajar menggunakan bahasa pemrograman R dan/atau Python.

Setiap siswa tidak diwajibkan untuk mengambil dua spesifikasi sekaligus karena masing-masing spesifikasi mempunyai projek yang berbeda di akhir akademi. Sejak Juli sampai November 2017, Algoritma sudah meluluskan sebanyak 175 siswa yang merupakan gabungan spesifikasi visualisasi data dan machine learning.

Para lulusan ini berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari fresh graduates, programmer, IT manager, sales and marketing officer, risk management officer, CTO, and CEO. Semua lulusan tersebut merupakan para siswa yang menghadiri workshop Algoritma yang diadakan selama 3 hari dan berhasil membangun projek untuk masing-masing spesifikasi.

Pada bulan Januari 2018, Algoritma mulai membuka kelas akademi, yakni belajar data science secara intensif selama 6 bulan. Setiap peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti spesifikasi visualisasi data atau machine learning atau keduanya.

Masing-masing kelas akan berlangsung dengan maksimal peserta sebanyak 20 orang dan setiap peserta akan dibantu oleh asisten pengajar. Iklim belajar di Algoritma didesain senyaman dan seefektif mungkin agar setiap peserta berhasil menyelesaikan projek yang ditugaskan di akhir akademi. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here