Samsung Siapkan Galaxy Note 6 ‘Lite’ dengan Spek Premium

Telset.id, Jakarta – Beberapa tahun lalu, muncul tren smartphone flagship dibuat versi mini. Tapi tren tersebut kini mulai berubah, karena para produsen smartphone kelihataannya lebih senang menggunakan embel-embel “Lite”.

Smartphone flagship versi mini atau Lite sejatinya merupakan strategi para pabrikan ponsel untuk bisa menarik lebih banyak konsumen dengan segmen yang lebih luas. Versi Lite dipromosikan sebagai perangkat yang cocok untuk pengguna dengan budget pas-pasan.

Tren ini ternyata juga masuk dalam pantauan Samsung. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini pun tak mau kalah menyediakan perangkat dengan embel-embel Lite. Perangkat yang dimaksud adalah varian Lite dari phablet Galaxy Note 6, keluarga seri Galaxy Note terbaru.

Karena memakai embel-embel Lite, tentunya spesifikasi dari perangkat ini akan lebih rendah dibandingkan versi original. Untuk layarnya, perangkat ini masih tetap memakai ukuran layar 5,8-inci hanya saja dengan resolusi 1080p, sementara versi original memakai layar quad-HD Super AMOLED.

Sementara untuk prosesornya, Galaxy Note 6 Lite akan menggunakan chip Snapdragon 820 yang sebenarnya masih tergolong baru. Sedangkan untuk varian originalnya akan memakai proseror generasi yang lebih mutakhir, yakni Snapdragon 823.

Yang menarik dari sisi kapasitas RAM. Galaxy Note 6 Lite kabarnya akan memakai RAM 4GB, kapasitas yang sangat lega untuk ukuran “smartphone versi murah”. Sedangkan versi originalnya akan dibekali kapasitas RAM yang lebih besar lagi, yakni 6GB RAM.

Jika Anda melihat spesifikasi di atas, maka Anda akan mendapati untuk pertama kalinya perangkat model Lite atau smartphone versi murah dengan spesifikasi “wah”.

Bandingkan, kebanyakan model Mini atau Lite yang ada saat ini menggunakan chipset Snapdragon 652, sementara Galaxy Note 6 Lite memakai Snapdragon 820 yang banyak dipakai smartphone kelas flagship.

Tapi yang menarik untuk ditunggu adalah soal harga yang nantinya akan dipatok Samsung untuk Galaxy Note 6 Lite. Apakah smartphone dengan spesifikasi yang nyaris ‘flagship’ ini akan benar-benar dibanderol dengan harga murah, atau hanya sekadar menggunakan nama Lite agar “terkesan” smartphone kelas menengah yang berharga murah.

Informasi ini memang masih sebatas rumor, jadi kemungkinannya bisa benar atau bisa juga tidak tepat. Kita tunggu saja saat Samsung merilis Galaxy Note 6 yang kabarnya akan diluncurkan sekitar bulan Juli atau Agustus mendatang.[HBS]

 

SourceSlashgear

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0