Samsung Siap Luncurkan Jaringan 5G Tahun 2020

ilustrasi
ilustrasi

Jakarta – Samsung Elektronik mengkonfirmasi usaha mereka dalam mengembangkan teknologi jaringan generasi kelima (5G) yang memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan data yang lebih cepat. Rencananya, teknologi jaringan ini akan direalisasikan pada tahun 2020.

Teknologi 4G atau biasa disebut Long Term Evolution (LTE) masih menjadi teknologi paling canggih sekarang ini. Namun, dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, sepertinya tidak lama lagi akan muncul teknologi berikutnya, 5G.

Menurut kabar yang dilansir kantor berita Korea, Yonhap, Samsung telah berhasil melakukan uji coba 5G dengan kecepatan transfer data sebesar 1 Gbps dalam tes terakhir.

Teknologi nirkabel yang sedang dijajal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan data lebih cepat dibandingkan dengan 4G saat ini. Raksasa elektronik ini mengklaim, teknologi 5G nanti sanggup men-download film dalam waktu kurang dari satu detik.

Seperti dikutip telsetNews dari yonhapnews, Senin (13/5), Samsung telah berhasil menguji platform dengan menggunakan 28 GHz waveband untuk mengirimkan data dengan kecepatan 1 Gbps.

Perusahaan raksasa elektronik asal Korea Selata itu juga mengaku menggunakan 64 element antenna untuk meminimalisir masalah yang memungkinkan perangkat untuk bertukar sinyal secara real time di bawah platform yang digunakan.

Dikabarkan China dan negara Uni Eropa telah mengambil langkah untuk menyuntikkan dana demi pengembangan teknologi ini. Tentu saja negara-negara maju lainnya ikut bersaing untuk memanfaatkan teknologi 5G.[LKH/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0