telset

Samsung Salip Apple Kuasai Pasar Smartphone Global

Samsung Galaxy Note 5 vs iPhone 6 Plus cameraJAKARTA – Samsung mulai menunjukkan tajinya dengan berhasil menggusur rival beratnya Apple sebagai penjual smartphone terbesar di dunia. Pada kuartal ketiga 2015, raksasa teknologi Korea Selatan ini berhasil menjual sekitar 83,8 juta unit smartphone.

Dalam laporan terbaru yang dirilis lembaga survey pasar, Strategy Analytics, Samsung berhasil menjual 83,4 juta unit smartphone pada periode Juli-September, atau menguasai 23,7% pasar global.

Angka tersebut jauh melampaui Apple yang “hanya” berhasil menjual 48 juta unit ponsel pintarnya pada periode yang sama, atau mengusai pangsa pasar sebesar 13,6% di pasar global.

Penjualan smartphone Samsung di kuartal ketiga adalah terbesar sejak kuartal pertama tahun lalu, dimana Samsung berhasil menjual 89 juta unit handset. Dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, penjualan tumbuh sekitar 6%.

Menurut Strategy Analytics, penjualan Samsung terbanyak disumbangkan dari smartphone kelas menengah, seperti Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy J5.

Sementara bagi Apple, keberhasilan menjual 48 juta unit iPhone di kuartal ketiga ini merupakan lompatan yang signifikan, karena penjualan Apple melonjak hingga 36% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Pencapaian ini berkat permintaan yang kuat untuk iPhone 6, meski Apple tetap gagal menyalip Samsung.

Di bawah Samsung dan Apple, ada Huawei yang berhasil mengunci posisi ketiga. Pabrikan asal Tiongkok ini menguasai pangsa pasar global sebesar 7,5%, setelah berhasil menjual 26,7 juta unit handset selama periode tiga bulan.

Peringkat empat dikuasai Lenovo yang berhasil menjual 18,8 juta unit handet dari bulan Juli hingga September atau mengusai 5,3% pangsa pasar global. Kemudian posisi lima besar diduduki Xiaomi yang mengusai 5% pasar, setelah berhasil menjual 17,8 unit smartphone di kuartal ketiga.

Strategy Analytics mencatat, secara keseluruhan pasar smartphone global tumbuh 9,5% dalam setahun terakhir, dengan total penjualan smartphone sebanyak 354,2 juta unit pada akhir September lalu. [HBS]

 

SourceYonhap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0