telset

Samsung Paksa Blogger India Promosikan Produk di IFA

Berlin – Siapkan tiket sendiri jika Anda mendapat tawaran meliput acara Samsung di luar negeri. Hal inilah yang mungkin ingin diingatkan seorang blogger dari India, karena pengalaman kurang mengenakan yang dialaminya saat diundang Samsung menghadiri ajang IFA di Berlin Jerman.

Seperti diberitakan The Next Web, beberapa waktu lalu Samsung dilaporkan telah menawarkan komunitas blogger Samsung Mob!lers, yakni komunitas pengguna aktif perangkat Samsung di India untuk menghadiri acara IFA 2012 yang berlangsung di Berlin.

Clinton Jeff, salah satu blogger dari New Delhi mengatakan, ia telah  menegaskan bahwa hanya akan menghadiri konferensi sebagai reporter, dan tidak akan melakukan pekerjaan promosi bagi perusahaan Korea tersebut. Saat itu, Samsung dikabarkan tidak keberatan dengan permintaan sang blogger itu.

Namun beberapa minggu menjelang keberangkatan mereka ke acara tersebut, para blogger melihat gelagat aneh yang dilakukan pihak Samsung India. Seperti misalnya  permintaan untuk pengukuran pakaian mereka.

Dan benar saja, setelah tiba di Berlin, para blogger diberikan kemeja (seragam)  Samsung, dan diberitahu bahwa mereka akan menjaga booth Samsung selama acara pameran itu berlangsung. Para blogger tersebut diharuskan mempromosikan produk Samsung yang dipamerkan.

Mendapati hal tersebut, Jeff menyampaikan keberatan, karena diperjanjian awal ia telah menyampaikan hanya mau diundang di acara tersebut sebagai reporter, bukan sebagai penjaga booth yang mempromosikan produk Samsung.

Tapi bukan jawaban mengenakan yang ia terima, justru pesan bernada “ancaman” yang harus didapat blogger India tersebut dari pihak perwakilan Samsung India.

“Anda tetap mengenakan seragam dan promosikan produk kami di acara ini, atau Anda harus membayar penginapan dan tiket pulang Anda sendiri saat panggilan ini berakhir,” kata PR Samsung India kepada Jeff melalui telepon, seperti telsetNews kutip dari CNET, Selasa (4/9).

Namun beberapa menit kemudian, perwakilan yang sama kembali menghubungi Jeff dan mengatakan bahwa Samsung bersedia membayar tiket pesawat pulang mereka, tapi dengan syarat para blogger mau mengenakan seragam Samsung di satu sesi acara saja dan tidak membocorkan insiden ini ke media.

Para blogger India itu akhirnya menyanggupi permintaan pihak Samsung dengan terpaksa, karena mereka khawatir tak dapat segera bisa kembali ke negaranya, atau disuruh bayar hotel dan tiket pesawat sendiri.

Samsung akhirnya membayar tiket penerbangan mereka kembali ke India. Para blogger tersebut akhirnya pulang lima hari lebih awal dari yang direncanakan, karena mereka tidak mengikuti hingga penutupan acara.[hbs]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0