telset

Samsung Naikan Harga Chipset ke Apple

Seoul – Sebagai pemasok utama chipset untuk Apple, Samsung tentu saja memiliki posisi tawar yang sangat tinggi. Keuntungan inilah yang digunakan Samsung untuk “memaksa” rivalnya itu menaikan harga chipset buatan mereka.

Seperti dilaporkan Chosun Ilbo, pihak Samsung telah menaikkan harga chipset yang dipasok ke Apple sebesar 20 persen. Informasi ini diberikan salah seorang sumber yang mengetahui negosiasi di antara dua raksasa teknologi itu.

“Samsung Electronics baru-baru ini meminta Apple untuk kenaikan harga prosesor aplikasi yang signifikan,” ujar sumber itu. “Apple pertama menolaknya, tapi karena tidak menemukan pemasok pengganti, akhirnya mereka (Apple, red) menerima kenaikan itu,” kata sumber tersebut, seperti dikutip telsetNews dari marketwatch, Senin (12/11).

Kedua perusahaan telah mulai menggunakan harga baru untuk pasokan iPhone dan iPad. Apple diperkirakan membeli chipset buatan Samsung dengan volume sekitar 130 juta unit tahun lalu dan lebih dari 200 juta unit tahun ini.

Pihak Samsung Electronics dan Kantor Apple Korea Selatan menolak untuk mengomentari laporan tersebut. Samsung sendiri memiliki kontrak jangka panjang untuk memasok chipset ke Apple hingga 2014.

Kenaikan harga ini akan menambah “derita” perusahaan asal Cupertino itu setelah Apple diperintahkan untuk membuat iklan permintaan maaf kepada Samsung dan kemudian membayar biaya pengadilan dan pengacara. [hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0