telset

Samsung Mulai Tiru Siklus Apple

ilustrasi Apple vs Samsung
ilustrasi Apple vs Samsung

Jakarta – Samsung dikenal sebagai vendor yang cukup rajin menggelontorkan produk-produknya setiap tahun. Namun saat meluncurkan produk terbarunya, Galaxy S4, vendor Korea Selatan ini banyak melakukan peningkatan software dibanding seri sebelumnya. Langkah Samsung ini disebutkan meniru siklus yang dilakukan Apple.

Samsung merupakan vendor doyan menelurkan perangkat Android setiap tahunnya. Namun banyak pihak yang mengkritik Samsung hanya memperhatikan kuantiti, tanpa melakukan upgrade hardware ke seri berikutnya.

Hingga saat ini, baru Apple yang dikenal melakukan upgrade hardware ke seri berikutnya. iPhone yang diluncurkan perusahaan asal Cupertino ini sudah dikenal sebagai vendor yang mengadopsi siklus tik-tok untuk memperbaiki ponsel yang sudah diluncurkan.

Pembeli terlihat tidak perlu membeli iPhone xS karena tidak memiliki perbedaan yang signifikan dari seri sebelumnya. Seperti kemampuan iPhone 4 yang diperbaharui lewat iPhone 4S, yang hanya memiliki sedikit perbedaan di segi hardware, sementara sedikit perbedaan di segi software.

Idealnya, siklus semacam ini tidak bisa diterima oleh konsumen karena mereka pasti menantikan smartphone terbaik. Namun, berkat kombinasi unik, ekosistem, dan kualitas, Apple mampu menarik perhatian konsumen. Bahkan hampir semua iPhone yang mereka punya laris manis.

Sekarang, Samsung tampak seperti mengekor cara yang dilakukan oleh vendor Amerika Serikat ini untuk menaklukan tantangan industri smartphone. Samsung berhasil meraih kesuksesan lewat Galaxy S3 dan mendapatkan kepercayaan dari para konsumennya. Mereka pun seperti meniru gaya Apple dengan meluncurkan Galaxy S4.

Samsung seperti memaksakan diri untuk menjaga konsistensi dalam meluncurkan Galaxy S-series setiap tahun. Dari segi desain, bentuk Galaxy S4 tidak terlihat jauh berbeda dengan Galaxy S3. Hanya layar Galaxy S4 yang lebih luas dibandingkan pendahulunya, yakni seluas 5 inch.

Dikutip telsetNews dari The Verge, Sabtu (16/3), menyebutkan bahwa vendor Korea Selatan ini banyak melakukan perubahan dis segi software dibandingan dengan seri sebelumnya. Seperti yang dilakukan Apple, bukan?

Banyak yang bisa dilakukan Galaxy S4 ke dalam Galaxy S-series sebelumnya. Bahkan kemampuan Smart Scroll/Pause yang menjadi andalan Galaxy S4 akan disiapkan juga untuk Galaxy S3. Belum dipastikan fitur lain yang juga akan diberikan untuk Galaxy S-series sebelumnya.

Dengan mengamati pola ini, siklus yang mirip dengan Apple mulai diterapkan sebagai strategi oleh Samsung. Bagaimana menurut Anda?[lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0