telset

Samsung Meminta Maaf Kepada Blogger India

Berlin – Samsung secara resmi telah meminta maaf atas insiden pemaksaan melakukan pekerjaan promosi produk Samsung di IFA yang menimpa para blogger India. Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu mengatakan kejadian ini hanya merupakan kesalahpahaman.

Pihak Samsung mengatakan kejadian yang menyebabkan penganiayaan terhadap para blogger teknologi dari India di acara IFA 2012 adalah sebuah “kesalahpahaman” dan meminta maaf atas “kesulitan yang tidak semestinya.”

Dalam sebuah pernyataan yang dilansir CNET dan dikutip telsetNews, Selasa (4/9), Samsung menyalahkan para koordinator rombongan dari pihak Samsung India, dan mengatakan perusahaan tidak pernah ada niat memaksa para blogger untuk melakukan promosi apapun.

“Samsung Mob!lers adalah sebuah komunitas sukarela pengguna aktif perangkat mobile Samsung, yang menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pemasaran kami di seluruh dunia. Pada peristiwa ini, semua kegiatan mereka lakukan adalah atas dasar sukarela. Tidak ada kegiatan yang dipaksakan pada mereka,” tulis pernyataan Samsung.

“Kami menyesal ada kesalahpahaman antara koordinator rombongan dengan para blogger Samsung Mob!lers. Para blogger tidak mendapat penjelasan yang cukup tentang kegiatan Samsung Mob!lers di IFA 2012. Kami menghormati kemerdekaan blogger untuk mempublikasikan tulisan mereka sendiri,” tambah Samsung.

Namun, dalam sebuah email yang diberikan Jeff kepada The Next Web, perwakilan Samsung tampaknya mengakui bahwa mereka telah melakukan kesalahan.

“Kami ingin menemui Anda dan memohon maaf untuk kejadian di IFA. Kami telah menempatkan Anda dalam kesulitan yang semestinya tidak harus dilakukan. Kami akan berusaha untuk memperbaiki situasi ini,” ujar Samsung dalam emailnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, The Next Web melaporkan beberapa waktu lalu Samsung telah menawarkan komunitas blogger Samsung Mob!lers, yakni komunitas pengguna aktif perangkat Samsung di India untuk menghadiri acara IFA 2012 yang berlangsung di Berlin.

Clinton Jeff, salah satu blogger dari New Delhi mengatakan, ia telah  menegaskan bahwa hanya akan menghadiri konferensi sebagai reporter, dan tidak akan melakukan pekerjaan promosi bagi perusahaan Korea tersebut.

Namun setelah tiba di Berlin, para blogger diberitahu bahwa mereka akan menjaga booth Samsung selama acara pameran itu berlangsung. Para blogger tersebut diharuskan mempromosikan produk Samsung yang dipamerkan. Jeff menyampaikan keberatan, tapi pihak perwakilan Samsung India justru mengancam para blogger.

“Anda tetap mengenakan seragam dan promosikan produk kami di acara ini, atau Anda harus membayar penginapan dan tiket pulang Anda sendiri saat panggilan ini berakhir,” kata PR Samsung India kepada Jeff melalui telepon.

Pihak Samsung akhirnya membayar tiket penerbangan mereka kembali ke India. Para blogger tersebut akhirnya pulang lima hari lebih awal dari yang direncanakan, karena mereka tidak mengikuti hingga penutupan acara.[hbs]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0