telset

Samsung Konfirmasi Ponsel Tizen akan Rilis Agustus

Tizen smartphone
Tizen smartphone

Jakarta –  Saat meluncurkan Galaxy S4 beberapa hari yang lalu, kepala divisi ponsel Samsung, JK Shin telah mengungkapkan bahwa smartphone pertama Samsung yang menggunakan Tizen OS akan meluncur pada kuartal ketiga tahun ini.

Kepastian itu kembali diperkuat oleh pihak Samsung yang mengkonfirmasi bahwa smartphone berplatform Tizen OS akan mulai rilis pada bulan Agustus tahun ini. Tizen disebut-sebut dipersiapkan sebagai sistem operasi alternative bagi Samsung, selain Android.

“Perangkat Tizen rencananya akan dirilis sekitar bulan Agustus-September. Ponsel ini akan menjadi produk yang hebat dengan spesifikasi terbaik, dan masuk kategori ponsel high-end,” kata Lee Young Hee, Executive Vice President Mobile Business, Samsung, seperti dikutip telsetNews dari Cnet, Senin (19/3).

Tizen OS merupakan system operasi berbasis Linux yang dikembangkan Samsung bersama Intel. Tizen sendiri adalah pengembangan dari platform MeeGo yang dulu sempat dikembangkan Nokia bersama Intel dan LiMo.

Walaupun Samsung saat ini sudah menuai sukses besar bersama Android, namun Samsung terlihat sangat serius mengembangkan Tizen. Lalu apakah ini merupakan tanda-tanda Samsung akan meninggalkan Android?

Jika dikatakan meninggalkan sepenuhnya dalam waktu dekat, tentu saja kemungkinannya sangat kecil. Raksasa elektronik asal Korea itu pasti tidak akan meninggalkan Android begitu saja, karena Android telah menjadi ‘ladang duit’ bagi Samsung dalam beberapa tahun terakhir.

Keseriusan Samsung mengembangkan Tizen setelah keputusan Google mengakuisisi Morotorola. Keputusan tersebut menimbulkan spekulasi bahwa Google nantinya akan lebih ‘menganakemaskan’ Motorola untuk mendapatkan akses Android terbaru.

Meski telah beberapa kali membantah spekulasi tersebut, namun banyak analis memperkirakan suatu saat Google akan melakukannya. Melihat kemungkinan itulah, maka Samsung kemudian menyiapkan ancang-ancang dengan cara mengembangkan Tizen.

Android dan iOS sepertinya harus mulai waspada. Karena mulai tahun ini pasar sistem operasi (OS) akan semakin diramaikan oleh OS baru. Salah satu yang cukup serius menebar ancaman adalah Tizen, OS baru hasil kembangan Samsung dan Intel.

Sebelumnya, pada ajang Event Mobile World Congress 2013 di Barcelona lalu, Samsung telah membawa smartphone Tizen untuk ikut unjuk gigi di acara tersebut.

Smartphone Tizen yang disiapkan Samsung digadang-gadang akan lebih powerfull. Smartphone tersebut akan hadir pertama kali bagi pengguna operator seluler Orange milik France Telecom. Orange sudah menjalin kesepakatan untuk mulai memasarkan smartphone Tizen di kuartal III tahun ini.

Orange disebutkan telah mempersiapkan kurang lebih 10 engineer yang ditugaskan untuk mengkustomisasi ponsel Tizen yang memang hadir secara khusus bagi pelanggan mereka.

Sementara di Jepang, operator DoCoMo juga menyatakan tertarik mengusung ponsel pintar Tizen. Operator seluler asal Jepang itu dikabarkan siap memasarkan ponsel pintar berbasis Tizen pada akhir tahun 2013.

Tizen nantinya tidak hanya digunakan ponsel buatan Samsung, karena beberapa vendor ponsel lainnya juga akan membuat ponsel berbasis Tizen. Pabrikan ponsel asal China, Huawei disebut-sebut akan ikut membuat ponsel dengan platform Tizen.

Hingga saat ini masih belum jelas prosesor jenis apa yang akan dibuat oleh Intel untuk mempersenjatai ponsel Tizen yang bakal diproduksi Samsung dan Huawei.

Namun sebenarnya yang menarik untuk ditunggu adalah, mampukah Samsung sesukses seperti sekarang apabila telah menjalankan sistem operasi hasil kerjasamanya dengan Intel tersebut.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0