Samsung Habiskan Dana USD 14,1 Miliar untuk R&D

Telset.id – Samsung menjadi perusahaan kedua yang menghabiskan dana riset dan pengembangan (R&D) terbesar setelah Volkswagen di 2015. Samsung menghabiskan USD 14,1 miliar untuk pengembangan teknologinya, sementara Volkswagen menghabiskan USD 15,3 miliar.

Samsung berupaya untuk mendiversifikasi produknya sehingga smartphone berkontribusi pada sepertiga revenue Samsung di tahun lalu, diikuyti dari bisnis chipset dan televisi. Di 2014, Samsung menghabiskan dana R&D lebih kecil yakni USD 13,4 miliar.

Sebagai perbandingan, Apple menghabiskan dana R&D mencapai USD 6 miliar. Jumlah ini terlihat kecil dibanding Samsung. Namun, jumlah itu merupakan rekor bagi Apple. Dengan jumlah R&D sebanyak itu, Apple masuk sebagai top 20 perusahaan dengan R&D besar. Apple sendiri berada di urutan 18.

Beberapa analis memprediksi, jumlah dana R&D Apple tahun ini akan semakin besar seiring obsesi perusahaan ini amsuk ke ranah mobil pintar Apple Car. Apple juga mungkin akan mencari cara melalui pengembangan produknya agar tidak bergantung pada iPhone.

Perusahaan internet lain, Google, berada di posisi 6 sebagai perusahaan dengan dana R&D terbesar. Pada tahun lalu Google menghabiskan dana US$ 9,8 miliar untuk R&D. Sementara Amazon berada di bawah Google, dengan jumlah dana R&D yang dihabiskan US$ 9,3 miliar.

Perusahaan TI Cisco berada diatas Apple untuk urusan R&D, dengan jumlah dana yang dihabiskan pada tahun lalu sebesar US$ 6,3 miliar.[AI/HBS]

Samsung Habiskan Dana USD 14,1 Miliar untuk R&D