Samsung Galaxy Tab 10.1, Tablet Multi Fungsi

Samsung Galaxy Tab 10.1 akhirnya menampakkan diri. Tablet yang digadang-gadang sebagai iPad Killer ini resmi diperkenalkan pada ajang Samsung Forum 2011 yang diadakan di Singapura, 7-9 Maret lalu. Tepat lima hari setelah Apple memperkenalkan iPad 2.

Samsung sendiri rencananya baru akan memasarkan Galaxy Tab 10.1 pada quarter kedua tahun ini. Sedikit tertinggal dibanding Apple yang sejak 11 Maret 2011 lalu mulai memasarkan iPad 2 dan berhasil mencatatkan rekor penjualan hingga 1 juta unit pada hari pertama diluncurkan.

Pencapaian tersebut tidak lantas mematahkan semangat Samsung untuk membuat tablet yang dipercaya lebih baik atau paling tidak setara dengan iPad 2. Dan Samsung punya modal pengalaman yang cukup untuk melakukannya.

Terbukti dengan lahirnya Galaxy Tab terbaru yang kali ini mengusung layar berukuran 10.1 inchi. Bermodalkan prosesor dual core 1 GHz NVidia Tegra 2 yang dilengkapi RAM berkapasitas 1 GHz, Galaxy Tab 10.1 siap beradu kinerja dengan iPad 2 yang membenamkan prosesor A5  Dual Core 1 GHz dengan RAM 512 MB.

Dari sisi kamera, Galaxy Tab tampil PeDe dengan dua buah kamera yang masing-masing beresolusi 8 MP dan 2 MP. Kamera yang tidak hanya memungkinkan penggunanya melakukan komunikasi tatap muka, tapi juga memberikan keleluasaan dalam menghasilkan video dengan resolusi Full HD 1080p.

Galaxy Tab 10.1 hadir dengan desain yang tak kalah molek dibanding iPad 2. Tebalnya hanya 10.1 mm dan memiliki berat sekitar 599 gram. Di dalamnya, terdapat sistem operasi Android khusus tablet yang lebih dikenal dengan sebutan Honeycomb. Sistem operasi yang membuat Galaxy Tab 10.1 bisa menjalankan beberapa fungsi pada saat bersamaan, mengeksplorasi halaman web yang didalamnya terdapat konten flash, dan bermain game 3D yang kualitasnya setara dengan game console HD.

Tapi yang paling menarik adalah dukungan beragam layanan Google yang pada akhirnya membuat Galaxy Tab 10.1 lebih dari sekadar tablet. Yup, Galaxy Tab 10.1 adalah sebuah PC, multimedia player, perangkat komunikasi, atau bahkan alat navigasi yang bisa diandalkan penggunanya, kapan dan dimanapun.

Previous articleiPad 2, Tablet Guru
Next articleTablet Creative ZiiO 7-inchi Bisa di Upgrade

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here