Samsung Galaxy S5

Design

Samsung sepertinya telah melakukan yang terbaik untuk membuat Galaxy S5 terlihat sangat berbeda dari S4. Hal ini dibuktikan pada desain bodi cover belakang yang memiliki bentuk lubang-lubang kecil (perforated pattern), sementara Galaxy S4 tampil mulus dan mengkilap. Bahan yang digunakan seperti kulit yang tidak meninggalkan bekas sidik jari ketika dipegang, sangat berbeda dengan Galaxy S4 yang bisa penuh dengan bercak sidik jari.

Ya, kalau dibandingkan dengan konsep desain Sony Xperia Z2 yang mulus seperti kaca dan HTC M8 dengan tampilan metalnya yang memang terlihat mahal. Yang amat disayangkan Galaxy S5 memiliki bodi seluruhnya plastik, meski sisi samping desain yang dibalut metalik memberikan nuansa premium dan kokoh tetap saja menggunakan plastik yang terkesan sangat rentan. Nuansa garis pada sisi metaliknya terlihat juga kurang menarik dan tidak ada fungsinya ketika di genggam tangan, kami masih memilih desain datar Galaxy S4 yang lebih mewah.

Secara ukuran Galaxy S5 memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan Galaxy S4 dengan 142 x 72.5 x 8.1mm dengan berat 145gram. Galaxy S5 memiliki sertifikasi IP67, Samsung Galaxy S5 tahan terhadap keringat, hujan, cairan, pasir dan debu, sehingga smartphone Anda terlindungi dalam segala situasi. Untuk komposisi desain tombol sepertinya tidak ada yang berubah, mirip dengan Galaxy S4 tombol power ada di sebelah kanan, tombol volume ada di sebelah kiri. Dan port USB 3.0(MHL 2.1) yang ditutupi dengan flap. Sedangkan bagian belakang terdapat sensor untuk mengukur detak jantung. Sebenarnya yang menarik dari desainnya meski tahan air Galaxy S5 tetap memiliki port MicroSD dan SIM Card di balik cover belakang, sehingga keuntungannya buat yang baterainya rusak akan mudah menggantinya.

“Meski desain terlihat premium tetap saja bahan yang digunakan plastik yang terkesan rentan”

Display

Layar memiliki perubahan meski perubahan yang dilakukan tidak signifikan. Galaxy S5 memiliki layar 5,1 inci dan itu hanya selisih 0,1 inci lebih besar dibandingkan Galaxy S4. Menggunakan resolusi 1080p dengan sokongan Gorilla Glass 3 di lapisan atasnya dan jenis teknologi panel yang digunakan Super Amoled. Melihat tampilannya memang sangat fantastis dalam banyak hal, seperti menonton video ata melihat hasil foto. Tetapi hati-hati buat penggemar fotografi layar yang sangat bagus ini bisa mengelabui hasil foto Anda tentunya.

Anda juga bisa memilih karakter tampilan layar dengan beberapa jenis untuk menyesuaikan mata Anda seperti Dynamic, Standart, Profesional Photo dan Cinema. Tidak itu saja besar kecilnya tulisan juga bisa disesuaikan dengan pengguna mulai dari amat kecil hingga sangat besar, Anda bisa menggunakan fasilitas “Font Style”.

Interface

Samsung tetap konsisten menggunakan sistem operasi dari Google, tidak terkecuali Galaxy S5 yang menggunakan Android 4.4 KitKat. Untuk interface, Samsung juga selalu mengkombinasikan dengan TouchWiz Interface. Galaxy S5 masih dibekali dengan Multi Windows yang memudahkan Anda untuk menuju menu. Dalam fasilitas ini Anda juga bisa menampilkan dua aplikasi dalam satu layar,  atas dan bawah yang dapat digunakan secara bersamaan.

Samsung juga merubah sedikit menu pengaturan untuk memudahkan Anda merubah semua aplikasi di dalamnya. Anda tinggal geser kebawah lalu Anda akan mendapatkan beberapa pengaturan cepat yang bisa dirubah dengan bentuk Grid View, List view dan Tab view.

Sepertinya Samsung juga terus konsisten memanjakan penggunanya, tidak mau kalah dengan HTC, Samsung Menempatkan Flipboard “MY magazine” pada sebelah kiri layar utama. Fasilitas ini bisa digunakan untuk Anda yang gemar membaca berita secara cepat.  Samsung juga memiliki fasilitas ‘Toolbox’ yang mirip dengan Toggel, Toolbox bisa bertempat dimana saja, isinya sendiri terdiri lima menu yang dapat dirubah-rubah. Intinya sih, fasilitas ini untuk memudahkan saja. Tetapi menurut kami seolah percuma terlalu banyak item yang tidak penting juga.

FingerPrint Sensor

Ini fitur terbaru yang ditawarkan Galaxy S5 yakni Fingerprint sensor. Fasilitas ini sebenarnya untuk memberikan rasa aman buat para pengguna, maklum kadang suka ada teman yang ising bahkan orang yang tidak kita kenal suka ising membuka ponsel Anda. Untuk menjalalankannya cukup mudah Anda buka pengaturan maka akan tertera FingerPrint Sensor. Anda tinggal menggesekan jari yang ingin dijadikan password pada lokasi tombol Home. Anda bisa menggunakan tiga jari sekaligus untuk mengakses ke home screen. Tetapi jika kami bandingkan HTC One Max yang lebih memiliki fungsi lebih banyak dan jauh lebih sensitif dibandingkan Galaxy S5 ini.

 

S-Health

Aplikasi S-Health telah mengalami kemajuan, selain untuk mengatur pola olah-raga Anda juga bisa menggunakannya untuk monitor denyut jantung. Sensor ini berjalan dengan dukungan dari aplikasi S Health 3.0. Sensor pendeteksi denyut jantung ini posisinya terletak pada bagian bawah kamera belakang, di sebelah lampu flash. Cara kerjanya cukup menempelkan jari pada sensor maka denyut jantung pengguna akan terekam dan di catat pada aplikasi S Health 3.0.

Hardware

Prosesor Galaxy S5 menggunakan chipset Snapdragon 801 Qualcomm. Dengan chipset ini, Galaxy S5 memberikan kecepatan clock 2,5GHz atau lebih cepat dari prosesor Xperia Z2 yang memiliki kecepatan 2,3GHz. Ketika kami melakukan percobaan dengan memainkan beberapa games berat seperti Galaxy 11 tidak ada perbedaan yang signifikan terlihat. Sayangnya untuk RAM Galaxy S5 hanya menempatkan 2GB saja sedangakan Xperia Z2 3GB. Sedikit mengejutkan buat kami, pasalnya Note 3 yang terlebih dulu keluar sudah menggunakan RAM 3GB. Kami juga coba bandingkan dengan menggunakan parameter bechmark Antutu meski hasilnya Amzing (33591) ternyata masih kalah unggul dengan HTC M8.

 

Screenshot_2014-05-21-17-19-24

Connectivity

Samsung Galaxy S5 memiliki Jaringan LTE-Advanced menggunakan chipset terbaru yang mendukung jaringan multi-band LTE-A Cat4. Jika layanan operator mendukung, spesifikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh dengan kecepatan hingga 150 Mbps.

Galaxy S5 juga memilikiWiFi 2×2 MIMO merupakan smartphone pertama yang menggunakan teknologi WiFi 2×2 Multiple Input Multiple Output (MIMO). Ponsel pintar ini menerapkan dua buah antena untuk menunjang konektivitas WiFi seperti yang banyak digunakan pada perangkat tablet.

Yang menarik Galaxy S5 dilengkapi dengan Download booster Fitur ini memanfaatkan konektivitas LTE-Advanced yang digabungkan dengan konektivitas WiFi. Penggunaan secara bersamaan LTE-Advanced dan WiFi akan dapat memberikan kecepatan internet.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy S5 merupakan salah satu kamera yang terkuat yang ada di pasar saat ini. Menggunkan teknologi yang berbeda dari Galaxy S4 yakni ISOCELL dengan resolusi 16MP dan 2MP untuk kamera depan.

Ada beberapa peningkatan dari sisi kinerja kamera, contohnya seperti ke menu kamera membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan Galaxy S4 yang sangat lambat. Tidak itu saja peningkatan autofokus juga sangat membantu yakni 0,3 detik untuk mendapatkan fokus ke objek.

Dari sisi peningkatan kualitas gambar, Galaxy S5 juga melengkapinya dengan modus HDR (HIGH DYNAMIC RANGE) yang membantu meningkatkan hasil foto menjadi lebih keren apalagi mengambil foto landscape.

Samsung Galaxy S5 juga menempatkan modus Selective fokus dimana fasilitas ini bisa menimbulkan effect bokeh di setiap tampilan foto. Modus ini juga bisa digunakan pada modus makro sehingga hasilnya bisa maksimal. Anda juga dapat menciptakan beberapa pengambilan foto yang berbeda dengan menggunakan modus Beuty face, Shot & more, Panorama, Virtual Tour, Dual camera dan setiap ada modus baru Galaxy S5 menyediakan fasilitas untuk mengunduhnya. Cukup menguntungkan buat penggunanya.Nice!

Untuk hasil foto kami sempat mencobanya pada area indoor, outdoor dan gelap. Untuk indoor dan outdoor Galaxy S5 tidak memiliki masalah untuk hasil gambar, tetapi memang layar super AMOLED kadang sedikit menipu dengan terlihat tajam tetapi hasil ketika di transfer menjadi agak noice dan kurang fokus. Sedangkan untuk kondisi gelap jelas Samsung Galaxy S5 tidak mampu bersaing dengan Xperia Z2 maupun HTC M8.

“Resolusi 16MP tidak menjamin hasil foto maksimal, buktinya kondisi kurang cahaya Galaxy S5 kurang mampu menampilkan hasil maksimal”

Video

Rekaman video Galaxy S5 memiliki kualitas 4K. Dengan resolusi 3.840 x 2.160 pixel, perangkat ini mampu merekam gambar hingga 30 frame per second (fps). Samsunh Galaxy S5 juga menghadirkan fitur Digital Image Stabilization dan High Dynamic Range (HDR) yang biasanya hanya disediakan pada kamera untuk memotret. Untuk perangkat pemutar video Anda bisa menggunkan berbagai macam format seperti FLV, M4V, MKV, MP4, WEBM, WMV, 3G2, 3GP, ASF, AVI.

Musik

Untuk musik samsung memang belum memiliki kualitas suara sebaik HTC ataupun Sony. Galaxy S5 tidak memiliki suatu perangkat yang bisa mendedikasikannya ke keluaran suara. Antarmukanya pun sangat sederhana dengan wallpaper penyanyi yang sedang dimainkan. Tetapi sebenarnya yang menarik adanya Group play yang bisa memainkan satu musik dibeberapa perangkat smartphone Samsung. Fitur ini cukup menyenangkan ketika suara output kurang maksimal bisa di maksimalkan dengan menggabungkan beberapa perangkat. Sedangkan untuk bermusik Galaxy S5 bisa memainkan format 3GA, AWB, FLAC, MID, MXMF, OGA, OTA, RTX, RTTTL, XMF, AAC, AMR, IMY, M4A, MIDI, MP3, OGG, WAV, WMA.

Screenshot_2014-05-23-15-39-01

Ultra Power Saving Mode

Anda tidak perlu khawatir kehilangan panggilan penting saat kehabisan baterai. Dengan Ultra Power Saving Mode terbaru mengubah layar Anda menjadi hitam dan putih dan menutup semua fitur yang tidak perlu untuk mengurangi konsumsi baterai.

galaxy-s5-spec

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0