Samsung Galaxy S4 Zoom

Design

Pertama kali melihat dan menggunakan, kami cukup terkesan dengan fungsi yang dimiliki Galaxy S4 Zoom ini. Pasalnya dari bentuk yang dihadirkan sangat jelas produk keluaran vendor Korea ini memiliki dua wajah (hybrid) yang berbeda fungsi. Satu sebagai telepon dan satu lagi sebagai kamera digital.

Secara desain, tampak depan Galaxy S4 Zoom sangat mirip dengan S4 mini. Tentunya memiliki fungsi sebagai telepon yang semua pengoperasian akan disuguhkan di layar 4.3 inch dengan resolusi qHD 540 x 960 pixels. Tampak depan seperti smartphone, belum tentu tampak samping sama. Yups, ketika dilihat dari samping tentunya sangat mirip dengan kamera kompak digital yang dilengkapi grip untuk kenyaman saat menggunakannya, hal ini yang menjadikan bentuknya menjadi gendut seperti orang yang memiliki perut buncit.

Untuk kualitas material sendiri pastinya khas Samsung, dengan bodi plastik glossy di bagian depan dan belakang. Dari bentuk memang terlihat unik, tentunya buat Anda yang ingin tampil beda, perangkat dua wajah ini sangat mendukung gaya Anda.

Sebagian besar desain yang diterapkan memang difungsikan sebagai kamera. Di bagian atas ada shutter kamera. Bagian samping kanan ada lubang untuk strap, slot micro SD dan lubang untuk tripod yang diberi penutup karet. Untuk baterai serta slot kartu, S4 Zoom menempatkannya di bagian bawah dengan cover yang bisa dibuka.

Layar sAMOLED

Dukungan layar yang hanya 4.3 inch terasa cukup untuk melihat hasil foto. Hasil foto terlihat jauh lebih jernih, pasalnya penempatan teknologi sAMOLED sangat membantu dalam melihat objek foto menjadi lebih jelas.

2

 

Interface

Untuk interface, sepertinya tidak ada yang berbeda dengan keluarga Galaxy lainnya, tentunya yang menggunakan system operasi Android Jelly Bean. Apalagi interface semua produk Samsung sudah di kostumisasi dengan interface bawaan sendiri yakni TouchWiz. So, tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan interface S4 Zoom.

Seperti biasa dalam kondisi lockscreen nuasa sapuan air sangat kental terasa. Masuk ke Home Screen Anda diberikan maksimal tujuh layer untuk mengoptimalkan penggunaan. Anda juga bisa merubah layer dengan beberapa pilihan penambahan seperti create folder, set wallpaper, dan edit page. Dalam kondisi lockscreen, Anda juga diperkenankan mengganti jenis jam dan menambahkan informasi kepemilikan pada tampilan lockscreen.

Seperti smartphone Galaxy lainnya, bar notifikasi S4 Zoom memiliki fungsi lebih dari sekedar menampilkan informasi dan notifikasi. Untuk informasi, ada jam, tanggal, serta akses pintas ke menu setting. Di bawahnya, ada 5 Quick Toggle utama yakni WiFi, GPS, Sound, Screen Rotation dan Bluetooth yang bisa digeser ke samping dan diperluas lagi dengan total tersedia 16 buah pengaturan cepat, dari Mobile Data, NFC, S-Beam, hingga Smart Stay. Susunan Quick Toggle, termasuk 5 yang muncul sebagai Quick Toggle utama, bisa diubah sesuka Anda. Di bar notifikasi juga ada pengaturan tingkat kecerahan layar. Dalam mode Auto pun masih ada pengaturan tingkat kecerahan lagi.

Hardware

Prosesor dan memori yang dibenamkan kedalam S4 Zoom memang terbilang tidak istimewa untuk ukuran smartphone yang dibandrol dengan harga Rp 5,5 jutaan. Yups, prosesornya masih menggunakan dual-core dengan kecepatan 1.5GHz. Untuk RAM, S4 Zoom hanya dibekali dengan kapasitas 1.5 GB. Kapasitas memori internal juga hanya dibenamkan 8GB. Padahal untuk level harga tersebut, harusnya sudah prosesor quad-core dan memori 16GB.

Well, kami sangat menyayangkan keputusan Samsung untuk tidak menanamkan hardware yang mumpuni ke dalam S4 Zoom.  Terlebih ketika kami mendapati bahwa S4 Zoom agak kesulitan memainkan games Real Racing 3 karena sedikit mengalami lag. Hal yang sama kami rasakan saat menggunakan beberapa fitur kamera. Yups, menuju view finder saja membutuhkan waktu sekitar 4 detik jika diakses menggunakan tombol shutter.

hardware (1)

 

 

 

 

 

 

 

 

Connectivity

Galaxy S4 Zoom memberi kemudahan bagi para peselancar dunia maya dengan menempatkan teknologi HSPA+ dengan maksimal kecepatan 21Mbps untuk download dan 5.76Mbps untuk upload. S4 Zoom juga memiliki beberapa koneksi utama seperti WiFi 802.11a/b/g/n 2.4, WiFi Direct, NFC available (Not available Mobile Payment), DLNA (Samsung Link), MHL 1.2 support, dan KIES Air support.

Menariknya, Samsung Galaxy S4 Zoom juga menyiapkan beberapa aplikasi yang support beberapa koneksi. Seperti Samsung link, yang bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi konten dengan dijembatani oleh system cloud computing. Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan infrared yang bisa berfungsi sebagai remote control untuk perangkat multimedia, seperti TV, DVD player dan lain-lain dengan menggunakan aplikasi Watch On.

connectivity 1

connectivity 3         Group Play

 

 

 

 

 

 

 

Camera

Nah! Untuk fasilitas unggulan sudah pasti banyak kejutan yang diberikan Samsung Galaxy S4 Zoom. Yang pasti dari bentuk fisik lensa yang dibenamkan sudah seperti kamera digital dengan lensa yang dibalut bahan almunium crom. Galaxy S4 Zoom memiliki kamera utama dengan resolusi 16 megapixels yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/2.33 inch. Ukuran sensor ini tergolong besar untuk sebuah ponsel, namun termasuk kecil jika dibandingkan dengan kamera saku konvensional. Lensanya menggunakan lensa Samsung 24-240mm dengan aperture f/3.1-6.3.

Untuk mengaktifkan kamera ada tiga cara yang dapat Anda tempuh. Pertama dalam kondisi lockscreen Anda bisa menekan tombol shutter beberapa saat hingga masuk ke menu kamera. Kedua, coba gunakan ring pada lensa untuk mengeluarkan menu kamera dan menggunakannya. Terakhir, tentunya lewat jalur konvensional dengan cara membuka menu, lalu memilih menu kamera.

Buat Anda yang gemar mengambil foto dari jarak jauh, Galaxy S4 Zoom memiliki kemampuan optical zoom hingga 10x dan image stabilizer untuk meredam getaran saat mengambil foto. Optical zoom ini termasuk fitur spesial dan salah satu yang menjadi unggulan Galaxy S4 Zoom. Biasanya, pembesaran di ponsel kamera dilakukan menggunakan digital zoom. Lensa inilah yang membuat desain Galaxy S4 Zoom terlihat lebih bongsor ketimbang ponsel kamera pada umumnya. Selain itu, pada Galaxy S4 Zoom ditanamkan flash Xenon, bukan LED. Flash jenis ini umum dipakai pada kamera saku karena mampu mengeluarkan cahaya lebih kuat. Kami juga sempat mencoba menggunakan flash dari jarak dekat, hasilnya foto tidak terlalu berlebihan pencahayaannya.

kamera  (1)

kamera (11)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masuk ke viewfinder, Anda akan merasakan nuansa seperti kamera digital. Untuk melakukan Zoom Anda bisa melakukan dengan menggunakan tombol virtual atau menggunakan ring pada lensa. Tidak sebatas itu saja, Galaxy S4 Zoom juga mengantongi 25 mode pintar yang dapat disesuaikan dengan kondisi apapun saat menangkap foto. Padahal, ponsel Galaxy S4 keluaran pertama hanya memiliki 12 mode kamera. Selain itu, Galaxy S4 Zoom juga mendukung perintah suara, artinya pengguna bisa menjepret foto dengan mengucapkan Cheese, Smile, Capture, atau Shoot, tampa perlu menekan tombol shutter.

Perbedaan mencolok lainnya, adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengambil foto dan berbagi (sharing) ketika berbicara dengan teman saat panggilan telepon. Yup, pada hakikatnya ponsel pintar ini bisa sekalian membuat panggilan suara. Tak seperti Galaxy Camera yang meski menggunakan kartu SIM, tetapi hanya bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Di bagian depan, Galaxy S4 Zoom memuat lensa kamera sekunder dengan kualitas 1.9  megapixels.

Video

Samsung Galaxy S4 Zoom memiliki kemampuan merekam video full HD 1080 pada frame rate 30fps. Tetapi jika Anda ingin merekam video dengan frame rate 60fps maka resolusinya diturunkan menjadi HD 720p.

Untuk mulai merekam, cukup menekan gambar camcorder. Sedangkan untuk zoom in dan zoom out cukup menekan ikon zoom di sebelah kiri atau memutar ring lensa. Saat merekam video, fokus akan berjalan secara otomatis. Tapi sayang , perpindahan fokusnya terbilang lambat.

Hasil rekaman video Galaxy S4 Zoom terbilang baik, dengan detail dan perubahan warna cahaya yang terkontrol. Galaxy S4 Zoom juga memiliki fitur OIS (Optic Image Stabization) atau fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meredam guncangan agar video tidak goyang.

video (3)video (2)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bechmark

Antutu             : 14659

Vellamo           : 1699

Nenamark2     : 59.8

[aps_product_specs id=”161″]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -