telset

Samsung Galaxy S4 Harga dan Spesifikasi

Fitur Smart Scroll-Pause di  Galaxy S4
Samsung Galaxy S4

Jakarta – Samsung akhirnya resmi membawa Samsung Galaxy S4 ke pasar Indonesia. Smartphone yang baru sebulan lalu diperkenalkan ini, kini sudah bisa dipesan lewat layanan pre-order mulai 18 – 28 April 2013.

Harganya bervariasi. Untuk pre-order normal, harga Samsung Galaxy S4 mencapai Rp 7,499 juta. Sementara, menggandeng situs web jual beli online Multiply, XL memberi potongan harga Rp 1,5 juta, sehingga Samsung Galaxy S4 bisa didapat hanya dengan harga Rp 5.999.000.

“Mulai 18 April 2013, kami sudah buka pre-order untuk Samsung Galaxy S4. Untuk pemasarannya akan dimulai sekitar awal Mei,” kata Product Marketing Manager Samsung Electronic Indonesia, Febri Rusli di Jakarta, Kamis (18/4).

Menurut informasi lanjutan yang kami dapat, Samsung Galaxy S4 release pada tanggal 4 Mei nanti. Pada hari itu, pemilik kartu kredit Mandiri bisa membawa pulang Samsung Galaxy S4 dengan potongan harga Rp 500 ribu. Promosi serupa dilakukan oleh situs Blibli dan BCA. Dengan program cicilan 0% selama 12 bulan, pemilik kartu kredit BCA cukup membayar Rp 627.917 per bulan dan bisa mendapatkan cashback 1 bulan cicilan.

Samsung Galaxy S4 Indonesia Pakai 8 Core

Saat memperkenalkan smartphone flagship terbarunya, Samsung Galaxy S4, pihak Samsung telah menyatakan ada dua model yang akan dipasarkan, yakni model dengan chipset Exynos 5 Octa (I9500) dan model dengan chipset Snapdragon 600 (I9505) untuk beberapa negara yang telah mendukung LTE.

Beberapa waktu lalu SamMobile telah merilis daftar negara-negara yang akan memperoleh Galaxy S4 beserta modelnya. Dari daftar tersebut ada beberapa negara yang mendapatkan kedua model yang disiapkan Samsung.

SamMobile mengelompokan negara berdasarkan kesiapan jaringan di negara-negara tersebut. Alhasil, ada negara yang belum menggelar koneksi 4G LTE akhirnya tidak kebagian S4 yang menyediakan koneksi LTE.

Seperti misalnya negara-negara di Asia Tenggara, Malaysia, Singapura, dan Filipina sudah dapat memperoleh model I9505, karena telah adanya koneksi LTE di negara-negara tersebut.

Bagaimana dengan Indonesia? Menurut daftar tersebut, Indonesia bersama Vietnam dan Thailand akan mendapatkan model I9500 yang memiliki koneksi hingga HSPA+, karena ketiga negara ini belum menggelar koneksi LTE. Jadi, Samsung Galaxy S4 Indonesia menggunakan  chipset Exynos 5 Octa Core (Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7).

Samsung Galaxy S4 Review

Pada tanggal 12 April lalu, bersama dengan komunitas ISAT Android, kami mendapat kesempatan untuk me-review Samsung Galaxy S4 untuk pertama kalinya.

Well, sepintas, kami tidak melihat perbedaan antara Galaxy S4 dengan pendahulunya. Hanya saja, layar yang tersaji lebih luas yakni 5 inch. Sayangnya, kami belum puas menguji kehebatan prosesor octa-core yang menjadi otak dari Galaxy S4 ini.

Meski demikian, kami merasa beruntung telah mencicipi kehebatan kamera 13 megapixel milik Galaxy S4 yang dilengkapi dengan segudang fitur yang membuat pengalaman memotret menjadi menyenangkan, seperti hadirnya fitur eraser, animated photo, drama, serta sound & shot.

Fungsi eraser dan animated photo sangat mirip dengan fitur lenses yang kami coba pada Nokia Lumia 920. Tapi yang menarik adalah fitur sound & shot. Sebelumnya, Samsung telah membuat iklan yang menjelaskan fitur tersebut. Kami pun membuktikan kegunaan fitur ini yang memungkinkan pemiliknya untuk mengirim foto disertai pesan suara.

Kecanggihan lain dari fitur kamera juga kami rasakan lewat mode dual-camera yang dapat memotret lewat kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan ke dalam satu frame.

Selain disimpan di dalam folder galeri, Anda juga bisa membuat story album dari foto yang sudah dikoleksi lewat fitur Story Album. Fitur ini menyajikan fasilitas untuk membuat album foto dalam bentuk digital yang dapat dilihat sewaktu-waktu.

Proses transfer data, file, serta link juga dipermudah berkat hadirnya teknologi S Beam. Kami hanya perlu mendekatkan Galaxy S4 dengan perangkat lain yang mendukung. Selain itu, kami pun menjajal fitur air gesture yang diperkenalkan Samsung sejak peluncuran Galaxy S4 di New York. Fitur ini bekerja dengan baik ketika kami menggeser foto tanpa menyentuh layar.

Subanindyo Ardi, moderator komunitas ISAT-Andorid pun mengemukakan pengalamannya selama menggunakan Galaxy S4. Dalam pemakaian standart, Ardi mengaku baterai 2600 mAH yang menyokong Galaxy S4 mampu bertahan 11 jam hingga 13 jam.

Galaxy S4 sendiri hadir dengan layar Super AMOLED 5 inchi dengan kepadatan 441dpi display, full HD, dengan berat 130 gram. Untuk dapur pacunya, dibenamkan 2 GB RAM dan chipset Exynos 5 Octa Core (Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7).

Kami mencatat setidaknya ada 10 fitur menarik yang diusung Samsung Galaxy S4. Apa sajakah itu? Simak hasil rangkumannya berikut ini.

[slider] [pane]

Dual Camera Galaxy S4

 

1. Dual Camera
Galaxy S4 dapat menggunakan kamera depan dan belakangnya sekaligus saat dipakai untuk Video Call. Anda tak perlu repot memutar ponsel untuk memperlihatkan pemandangan yang sedang Anda nikmati. Seperti sedang berbagi pemandangan dengan lawan bicara.

[/pane]

[pane]

S Translator Galaxy S4

2. S Translator
Ingin memiliki penerjemah pribadi? S Translator bisa mengartikan 10 bahasa berbeda dan bisa memproses langsung dari perkataan Anda menjadi suara dalam bahasa lain. Fitur ini sudah terintegrasi langsung pada email, messaging, dan aplikasi ChatON.

[/pane]

[pane]

Air Gesture Galaxy S4

3. Air Gesture
Fitur satu ini ‘mengubah’ jari Anda ibarat sebuah S Pen yang ada pada Note 2 atau Galaxy Note 10.1. Anda bisa melihat informasi tambahan dan mengendalikan video hanya dengan melayangkan jari tidak jauh dari layar. Anda juga bisa menggunakan lambaian tangan untuk mengendalikan scroll halaman web, mengganti lagu yang sedang diputar, ataupun menjawab panggilan telpon.

[/pane]

[pane]

S Voice Drive Galaxy S4

4. S Voice Drive
Fitur S Voice telah ditanamkan pada seri sebelumnya, Galaxy S III. Nah, di seri berikutnya ini, fitur S Voice khas Samsung juga mendapatkan upgrade. Fasilitas S Voice Drive yang ada di Galaxy S4 ini memungkinkan Anda untuk bisa mengendalikan berbagai fitur yang ada di S4 cukup lewat suara.

[/pane]

[pane

Group Play Galaxy S45. Group Play

Fitur Group Play dapat mengkoneksikan 8 perangkat Galaxy S4 lewat NFC untuk berbagi foto, musik, dan bermain game bersama. Sudah ada 2 game mendukung fitur ini yakni Asphalt 7 dan Gun Bros 2.

[/pane]

[pane]

Smart Scroll-Pause Galaxy S4

6. Smart Scroll/Pause
Anda bisa memanfaatkan Smart Scroll/Pause ketika Anda sedang membaca halaman website atau membaca ebook. Teknologi ini juga bisa menjeda video ketika mata Anda menjauh dari layar smartphone dan memutarkannya lagi saat Anda kembali menatap layar Galaxy S4.

[/pane]

[pane]

S Health Galaxy S4

7. S Health
Galaxy S4 dilengkapi dengan aplikasi untuk memonitor data kesehatan Anda menjadi laporan yang mudah dimengerti. Aplikasi ini bersinergi dengan seperangkat aksesoris pendukung yang dijual terpisah.

[/pane]

[pane]

Adapt Display Galaxy S4

8. Adapt Display 
Fitur satu ini akan mengubah warna layar secara otomatis. Bila Galaxy S4 mendeteksi Anda terlalu banyak melihat teks dengan latar belakang putih, maka ia akan mengubanya menjadi warna sepia yang lebih nyaman dipandang mata.

[/pane]

[pane]

Cinema Photo Galaxy S4

9. Cinema Photo 
Cinema Photo merupakan mode pengambilan gambar yang bisa memadukan gambar diam dengan gambar yang bergerak. Sering juga disebut dengan istilah cinemagraph.

[/pane]

[pane]

Drama Shot Galaxy S4

10. Drama Shot
Mode ini merupakan cara mengambil beberapa foto sekaligus dalam waktu berdekatan. Berkat mode tersebut, Anda bisa memilih gambar terbaik dari serangkaian gambar, misalnya saat seseorang sedang meniup lilin ulang tahun. Anda juga bisa menghapus orang atau objek tak diinginkan dari foto yang diambil. Anda juga bisa menambahkan audio pada gambar.

[/pane] [/slider]

 

[tabgroup][tab title=”Samsung Galaxy S4 Vs iPhone 5 Vs HTC One“]

Kemunculan Samsung Galaxy S4 semakin memanaskan persaingan antara Samsung, Apple dan HTC. Apple yang sebelumnya sukses “mengangkangi” pasar smartphone melalui seri iPhone 5, sudah sepatutnya mewaspadai penetrasi Samsung Galaxy S4 dan HTC One yang menawarkan teknologi setingkat lebih tinggi. Lalu akan seperti apa persaingan ketiganya. Simak komparasinya berikut ini.

Samsung Galaxy S4 Vs iPhone 5Adu Kamera

Head to head Samsung Galaxy S4 Vs iPhone 5 dan HTC One dimulai dengan membandingkan teknologi kamera. Galaxy S4 mengedepankan kamera beresolusi 13 MP sedangkan iPhone 5 dan HTC One masing-masing membawa kamera 8 MP dan 4 MP berteknologi UltraPixel. Mana yang terbaik?

Well, jika besaran resolusi menjadi pembandingnya, maka HTC One bukanlah tandingan Galaxy S4 dan iPhone 5. Tapi, seperti kata petinggi HTC, kualitas foto tidak ditentukan oleh besaran resolusi. Yup, dengan teknologi UltraPixel, HTC mengklaim kualitas jepretan HTC One sebanding dengan kamera 13 MP atau bahkan lebih. Lalu apa hal menarik yang bisa dibandingkan?

Mari kita mulai dengan fitur. iPhone 5 menggunakan back-illuminated sensor atau dikenal juga dengan nama backside illumination (BSI). Sensor ini dipercaya mampu meningkatkan kemampuan kamera ponsel dalam membingkai objek foto di kondisi minim cahaya. Di dalamnya, Anda juga bisa menemukan fitur High Dynamic Range (HDR) yang berfungsi membingkai beberapa exposure untuk selanjutnya digabungkan dalam satu foto. Inilah yang membuat iPhone 5 mampu memotret objek backlight tanpa membuat objek foto terlihat gelap.

Sementara HTC One hadir dengan dua mode pengambilan gambar yaitu normal dan Zoe. Pada mode normal, Anda bisa menggunakan beragam jenis filter, fitur HDR, panorama, dan beragam jenis pengaturan yang lazim ada di kamera. Sementara pada mode Zoe, Anda bisa menggabungkan beberapa frame ke dalam satu foto. Mode Zoe bekerja dengan cara merekam video selama tiga detik untuk menghasilkan 20 frame. Selanjutnya, Anda bisa memilih frame terbaik atau menggabungkan hingga 5 frame untuk selanjutnya disimpan dalam satu foto.

Fitur yang sama juga dimiliki oleh Samsung Galaxy S4. Samsung menyebutnya dengan nama Drama Shot. Fitur tersebut ikut diunggulkan Samsung bersama dengan fungsi dual camera dan sound&shot.  Untuk fungsi dual camera, Galaxy S4 memungkinkan foto si pengambil gambar ikut ditampilkan bersama dengan objek foto. Sedangkan untuk sound&shot, Anda bisa ikut merekam suara saat pengambilan foto. Fungsinya adalah untuk membuat foto menjadi lebih hidup dengan tambahan suara pada saat momen pengambilan gambar.

Overall, kamera HTC One maupun Galaxy S4 berhasil membawa fitur kamera ke level yang lebih advance. Samsung unggul dalam hal kelengkapan fitur, sementara HTC unggul dalam hal kemampuannya menyerap cahaya lebih banyak. Untuk kualitas, HTC One lebih unggul, tapi untuk hiburan dan merekam momen, Samsung Galaxy S4 jauh bisa diandalkan.

Screen

Hingga berita ini diturunkan, HTC One dan Samsung Galaxy S4 layak menyandang sebutan ponsel dengan layar terbagus di jagad raya. Keduanya punya layar beresolusi full HD 1920×1080 pixel. Samsung menggunakan teknologi Super AMOLED yang hemat energi pada layar berukuran 5 inch, sedangkan HTC menggunakan super LCD 3 untuk layar 4,7 inch-nya. Secara kerapatan pixel, HTC One unggul dengan 468 ppi dibanding Samsung yang hanya 441 pixel. Tapi itu adalah harga yang harus dibayar Samsung lantaran punya diagonal layar 0,3 inch lebih panjang dari HTC One. Sementra iPhone 5 harus lapang dada mengakui keunggulan Samsung Galaxy S4 dan HTC One, karena iPhone 5 masih menggunakan layar 4 inch beresolusi 1136×640 pixel. So, untuk layar, kami menjagokan HTC One.

Design

Balutan material alumunium unibody membuat HTC One terlihat mewah dan berkelas. Desainnya pun beda dengan smartphone sebelumnya. Bagian mukanya tampil bergaya retro dengan dua rongga speaker yang diklaim mampu menghasilkan suara lebih menggelegar. Sementara Galaxy S4 tampil serupa dengan pendahulunya, Galaxy SIII. Masih menggunakan material plastik polycarbonate untuk membungkus body-nya.  Samsung beralasan material tersebut penting untuk memangkas bobot Galaxy S4  menjadi 130 gram, lebih ringan dari bobot HTC One yang mencapai 143 gram.  Ini pula yang mebuat Galaxy S4 tampil lebih tipis, 7,9 mm, dari HTC One, 9,3 mm. Tapi jujur, desain dan material Galaxy S4 kurang merepresentasikan ponsel mewah. Beda dengan iPhone 5 dan HTC One yang terlihat lebih premium. So, untuk desain, Kami memilih iPhone 5 dan HTC One sebagai pemenangnya.

User Interface

Baik HTC One maupun Galaxy S4 tampil dengan user interface yang berbeda dari ponsel Android kebanyakan. Galaxy S4 terlihat advance dengan interface touchwiz sedangkan HTC tampil berbeda dengan HTC Sense. Pada home screen, HTC One memberi kemudahan melalui fasilitas BlinkFeed yang akan membawa berita yang ada di News Feed atau aplikasi lainnya ditampilkan pada layar Home Screen. Sementara Galaxy S4 terlihat futuristic dengan fasilitas Air View dan Air Gesture. Kedua fasilitas tersebut memungkinkan Anda untuk melihat preview gallery tanpa benar-benar menyentuh layar. Anda bahkan hanya perlu melambaikan tangan ke kiri atau ke kanan untuk men-swipe layar. Lebih menariknya lagi, Galaxy S4 punya kemampuan melacak mata yang memungkinkan Anda untuk memutar dan mem-pause video hanya dengan memalingkan wajah. Sementara iPhone 5, tampil dengan interface khas iOS yang sederhana dan relative mudah digunakan. Overall, mengacu pada pertimbangan inovasi, kami memilih Galaxy S4 sebagai pemenangnya.

Other Feature

Samsung Galaxy S4 hadir dengan dua pilihan prosesor yaitu octa core Exynos 5 1,6 GHz dan quad core Qualcomm Snapdragon 600 1,9 GHz. Sedangkan HTC One menanamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 600 1,7 Ghz. Keduanya sama-sama dilengkapi dengan RAM berkapasitas 2 GB dan hadir dalam pilihan memori 16/32/64 GB untuk Galaxy S4, dan 32/64 GB untuk HTC One. Sementara iPhone 5 terlihat kuno dengan prosesor dual core 1 GHz dan RAM berkapasitas 1 GB.

Untuk fitur,  HTC One mengunggulkan BlinkFeed, Sense Voice,  dan BoomSound. Sementara Galaxy S4 membawa segudang fitur yang mampu meredefinisi arti smartphone. Yup, Galaxy S4 punya ChatOn dan S Translator yang memungkinkan Anda chatting dengan berbagai bahasa yang berbeda. Karena Galaxy S4 akan mentranslate secara otomatis dan mengenal 10 bahasa berbeda. Selain itu, ada juga S-Voice drive untuk melengkapi fungsi S-Voice sebagai asisten pribadi. Fitur-fitur tersebut dikemas bersama dengan fungsi eye tracker,  S Health hingga TV remote control. Iphone 5 sendiri masih boleh bangga dengan asisten pribadi bernama SIRI.

Kesimpulan

Berdasarkan perbandingan sementara yang Kami lakukan, samsung Galaxy S4 berhasil mengungguli HTC One dan iPhone 5.  Tapi perbandingan tersebut belum final, karena Samsung Galaxy S4 dan HTC One harus terlebih dulu membuktikan kemampuannya saat benar-benar tiba di pasaran. Kita tunggu saja nanti!

Samsung Galaxy S4 Youtube

http://www.youtube.com/watch?v=2LHv1FPd1Ec

[/tab][tab title=”Spesifikasi“]

  • General
  • 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G Network LTE
  • SIM Micro-SIM
  • Announced 2013, March
  • Status Coming soon. Exp. release 2013, April 26th
  • Body
  • Dimensions : 136.6 x 69.8 x 7.9 mm (5.38 x 2.75 x 0.31 in)
  • Weight : 130 g (4.59 oz)
  • Display
  • Type : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size : 1080 x 1920 pixels, 5.0 inch (~441 ppi pixel density)
  • Multitouch : Yes
  • Protection : Corning Gorilla Glass 3
  • TouchWiz UI
  • Sound
  • Alert types : Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker : Yes
  • 3.5mm jack : Yes
  • Memory
  • Card slot microSD, up to 64 GB
  • Internal 16 GB storage, 2 GB RAM
  • Data
  • GPRS : Yes
  • EDGE : Yes
  • Speed HSDPA, 42.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
  • WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
  • Bluetooth : Yes, v4.0 with A2DP, EDR, LE
  • NFC : Yes
  • Infrared port : Yes
  • USB : Yes, microUSB v2.0 (MHL 2), USB On-the-go, USB Host
  • Camera
  • Primary : 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash, check quality
  • Features : Dual Shot, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, HDR
  • Video : Yes, 1080p@30fps, dual-video rec., check quality
  • Secondary : Yes, 2.1 MP,1080p@30fps, dual video call
  • Features
  • OS : Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean)
  • Chipset : Exynos 5 Octa 5410
  • CPU : Octa Core (Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7)
  • GPU : PowerVR SGX 544MP3
  • Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, temperature, humidity, gesture
  • Messaging : SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
  • Browser : HTML5, Adobe Flash
  • Radio : No
  • GPS : Yes, with A-GPS support and GLONASS
  • Java : Yes, via Java MIDP emulator
  • Colors : Black Mist
  • Wireless charging (market dependent)
  • S-Voice natural language commands and dictation
  • Smart stay, Smart pause, Smart scroll
  • Air gestures
  • Dropbox (50 GB storage)
  • Active noise cancellation with dedicated mic
  • TV-out (via MHL 2 A/V link)
  • SNS integration
  • MP4/DivX/XviD/WMV/H.264/H.263 player
  • MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player
  • Organizer
  • Image/video editor
  • Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
  • Google Search, Maps, Gmail,
  • YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa
  • Voice memo/dial/commands
  • Predictive text input (Swype)
  • Battery
  • Li-Ion 2600 mAh battery
  • Misc SAR US 0.85 W/kg (head) 1.55 W/kg (body)
  • SAR EU 0.42 W/kg (head) 0.54 W/kg (body)
  • Tests Display Contrast ratio: Infinite (nominal) / 3.352:1 (sunlight)
  • Loudspeaker : Voice 70dB / Noise 66dB / Ring 77dB
  • Audio quality : Noise -82.5dB / Crosstalk -81.5dB
  • Camera Photo / Video

[/tab][/tabgroup]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0