telset

Samsung Galaxy Note II

Samsung Galaxy Note 2Tak salah jika Samsung begitu PeDe menyandangkan nama Note pada phablet terbarunya ini. Sebab dari ukuran dan kegunaan, perangkat satu ini sangatlah mirip dengan note manual. Bedanya, Anda harus menulis di atas layar, bukan di atas kertas. Pena yang digunakan pun bukanlah pena biasa. Yup,Samsung membekali Note II dengan S-Pen yang punya 1024 level sensitifitas. Dengan pena tersebut, Anda bisa menulis tebal ataupun tipis, tergantung dari seberapa kuat Anda menempelkan S-pen di atas layar.

Untuk konsep desain, Note II mengadopsi model dan lekukan Galaxy SIII. Tapi cover belakangnya bisa dibuka, sama seperti pada Note I. Di balik cover terdapat batere 3100mAh yang bisa digonti-ganti, slot Mini SIM dan slot Micro SD. Sementara di sisi sisinya, terdapat Jack audio (sisi atas), tombol power/lock (samping kanan), tombol volume (samping kiri) dan port micro USB di bagian bawah. Sedangkan S-Pen diletakkan di ujung kanan bawah ponsel.

Jika dilihat dari sisi layar, Samsung Galaxy Note II terbilang pas untuk dijadikan perangkat pendukung mobile office dan entertainment. Spesifikasinya mumpuni. Bisa dengan mudah melahap video berkualitas HD ataupun bermain game yang memiliki resolusi tinggi. Belum lagi dengan fitur S Beam, berbagi file antar perangkat Samsung menjadi lebih mudah.

Dari segi komunikasi, Samsung Galaxy Note II tak banyak membawa perubahan dari pendahulunya. Anda bisa menyimpan ribuan nomor telepon penting yang sudah terintegrasi dengan akun Google. Jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter dan Google Plus pun bisa Anda dapatkan dengan mudah di Google Play secara gratis.

Dari segi user interface, Telset menilai TouchWiz UI yang ada sekarang tak berbeda dibandingkan sebelumnya. Pasalnya, Anda tinggal menggeser deretan jenis icon aplikasi sosial yang letaknya di bawah. Pada bagian atasnya terdapat tiga tab untuk Aplikasi, Widget dan unduhan.

Untuk jenis SIMCardnya, Samsung Galaxy Note II mengusung mini SIMCard. Konektifitasnya super lengkap. Anda bisa terhubung ke beragam frekuensi jaringan seluler, mulai dari jaringan seluler generasi kedua (quadband GSM) hingga jaringan seluler generasi ke-4 (LTE). Tapi untuk Indonesia, konektifitas Note II hanya bisa dimaksimalkan sampai HSPA+.

Samsung tak mau main main dengan kualitas kamera. Resolusi yang diberikan 8 megapiksel. Tak hanya jernih hasil fotonya, Anda juga akan dimanjakan dengan beragam fitur dari kamera ini. Di antara fitur yang paling menonjol adalah mode pengambilan foto dan video. Anda akan diberikan pilihan seperti Burstshot, Self portrait dan lainnya.

Dari pengaturan kamera, Samsung Galaxy Note II mampu mengambil gambar dengan resolusi maksimal 3264 x 2448. Untuk ISO nya sendiri minimal angka 100 dan paling tinggi 800. Dari kesemua pilihan fitur tersebut, secara pribadi kami menyukai ambil foto dengan suara dan GPS tag. Anda bisa menggunakan kata ‘Capture’, ‘Shoot’,’Smile’ dan ‘Cheese’ untuk mengambil gambar. GPS tag untuk mengingatkan dimana foto ini diambil.

Ini yang diandalkan dari Samsung Galaxy Note II. Dengan konektivitas yang lengkap, seperti WiFI dan Bluetooth, pengguna bisa berbagi file antar ponsel dengan mudah. Salah satunya adalah dengan fitur Samsung S Beam. Cukup sentuh atau dekatkan ponsel Anda ke ponsel Samsung yang ada koneksi S Beamnya. Dan Zaaapp! File akan tertukar. Sebab dalam percobaan, transfer file 1 GB hanya terjadi selama 3 detik. Bagaimana? Keren kan?. Dan memang di Samsung Galaxy Note II, Samsung menekankan pada konektivitas. Fitur Near Field Communication pun sudah dibenamkan. Untuk media Sharenya, Samsung Galaxy Note II menyediakan dua jenis koneksi. Pertama via Nearby Device untuk membagi file media melalui DLNA. Dan yang kedua adalah AllShare Cast. Fitur ini berguna untuk membagi tampilan layar perangkat Anda dengan perangkat lainnya yang lebih besar. Penting untuk presentasi.

Buat Anda yang suka menggunakan WiFi Hotspot, Samsung Galaxy Note II juga telah mendukung fitur Tethering. Untuk Samsung Kies, Anda bisa terhubung ke PC dengan koneksi WiFi untuk mengatur data di perangkat dan mensikronisasikan dengan PC Anda.

Untuk menguji ketangguhan grafis Note II, Telset mencobanya dengan beberapa game buatan Gameloft yang berkualitas HD. Hasilnya? Mulus tanpa lag ketika game dimainkan. Video berkualitas HD juga mampu dirender-nya dengan sempurna. Begitu pula saat diajak untuk mengedit video ataupun foto berukuran besar. Tak ada kendala dengan performa.

Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, S Pen pada Galaxy Note II sangatlah berbeda dibandingkan dengan pendahulunya. Salah satunya adalah memiliki fitur melayang yang disebut AirView yang bertindak seperti kursor pada mouse. Anda juga dapat menggunakan S Pen untuk screen shot.

Ada satu hal yang berbeda dari sebelumnya, yakni MultiWindows. Anda bisa mengatur apa saja yang muncul di fitur tersebut, termasuk didalamnya aplikasi multimedia. Ketika Telset mencoba untuk kualitas suaranya, Telset menyimpulkan tak ada suara sember ketika volume maksimal. Sayangnya, widget multimedia music player tak bisa digunakan untuk mengganti lagu ketika layar dalam keadaan terkunci.

Nah, untuk urusan kinerja, Samsung Galaxy Note II layak untuk diandalkan. Berbekal prosesor 1.6 GHz Quad Core dan RAM 2 GB, kecepatannya dalam menjalankan aplikasi tak membuat Anda harus menunggu lama. Dari melakukan aktifitas browsing atau bermain game bersama teman lainnya dapat dilakukan dengan mulus. Hal tersebut tentu tidak lepas dari dukungan RAM yang kapasitasnya mencapai 2 GB. Sedangkan untuk memori internal, Note II hadir dalam tiga varian memori yaitu 16 GB, 32 GB, dan 64 GB. Semua varian dilengkapi juga dengan slot micro SD yang bisa dimuati hingga 64 GB. Masih kurang? Tenang saja, Anda akan dapatkan memori awan DropBox hingga 50 GB.

Tapi kalau hanya bicara spek, beberapa pesaing pun memiliki spesifikasi yang mirip. Untuk itu Telset mengujinya dengan menggunakan aplikasi Benchmark. Hasilnya, untuk hasil Benchmark AnTuTu adalah 13632. Sedangkan untuk test Benchmark Quadrant adalah 6547. Unggul jauh dari Samsung Galaxy Note pertama dan Samsung Galaxy S III.

Apalagi kalau bukan alasan fungsionalitas lewat aplikasi kita memilih smartphone. Dengan aplikasi yang tertanam di bawaan Samsung Galaxy Note II, dapat dipastikan Anda tak akan kecewa. Uniknya semua aplikasi andalannya selalu berawalan ‘S’. Seperti S Note, S Planner, S Suggest dan S Voice.

S Note sendiri adalah aplikasi yang digunakan untuk mendukung produktivitas kerja. Lewat aplikasi ini, Anda bisa melakukan handwriting to text. Yup, Ketika dibuka terdapat terdapat empat template seperti Business, Education, Idea Skectch dan LifeStyle. Pengalaman Telset menggunakannya, template ini sangat membantu.

Kemudian S Suggest. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk memilih aplikasi terpopuler yang direkomendasikan dan dijamin akan kompetibel dengan perangkat Anda. Tentunya dengan aplikasi ini lebih mempersingkat waktu Anda untuk mencari aplikasi yang sesuai di Google Play Store.

Kemudian untuk aplikasi S Planner mirip seperti kalender. Anda bisa mengatur jadwal rapat dan pertemuan di aplikasi ini. Untuk S Voice walaupun masih baru, cukup lumayan. Lewat aplikasi ini, Samsung mencoba menyaingi Siri yang dimiliki Apple.

Near Field Communication

NFC

Tak salah lagi, teknologi konektivitas ini adalah sebuah niscaya bagi perangkat masa depan. Dengannya Anda bisa menjadikan ponsel sebagai dompet, menukar aplikasi bahkan berbagi file

S Pen

S Pen

Salah jika Anda menilai S Pen milik Samsung adalah kelemahan. Sebab dengan fitur ini, Anda akan merasakan pengalaman yang berbeda. Yup, ada fungsi AirView untuk melihat tanpa menyentuh.

S Beam

S Beam

Teknologi ini sangat berguna untuk menukar file antara sesama perangkat Samsung. Dari data yang dirilis Samsung, lewat fitur ini Anda bisa membagi file dengan kecepatan 300 MB perdetik.

Spesifikasi

Dimension : 80.5 x 151.1 x 9.4 mm, 180 gram
Screen : 140.9 mm (5.5″) HD Super AMOLED (1,280 x 720)capacitive touchscreen 
Memory : 16/32/64GB User memory + 2GB (RAM) microSD slot (up to 64GB)
Connectivity : Bluetooth, Micro USB, WiFi, NFC 
Camera  : Main (Rear)  8 Megapiksel, Auto Focus Camera with LED Flash, (Front) : 1.9 Megapixel VT Camera, BSI
Processor : 1.6 GHz quad-core processor, Samsung Exynos
OS : Android 4.1 (Jelly Bean)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0