telset

Samsung Berhasil ‘Kuasai’ China untuk Pertama Kalinya

Smartphone Samsung Galaxy S III
Smartphone Samsung Galaxy S III

Jakarta – Walaupun merupakan salah satu ‘pemain baru’ di China, namun Samsung untuk pertamakalinya berhasil menguasai pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Menurut laporan terbaru Strategy Analytics, Samsung berhasil memimpin pasar di China dengan menguasai 17,7% pangsa pasar selama tahun 2012. Pencapain itu berkat keberhasilan Samsung menjual 30,06 juta unit smartphone di pasar China.

Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2011 yang mencatat penjualan sebesar 10,9 juta unit smartphone atau menguasai 12,4% pangsa pasar di China.

Sementara di bawah Samsung ditempati ‘jagoan’ asal Taiwan, Lenovo, yang menguasai 13,2% pangsa pasar atau naik 4% dibanding tahun 2011. Posisi ketiga diduduki Apple dengan 11%, Huawei 9,9%, dan produsen lokal Coolpad 9,7%.

Dikutip dari The Next Web, Senin (11/3), nasib tragis dialami bekas raksasa ponsel Nokia. Produsen asal Finlandia itu justru mengalami penurunan tajam dari 29,9% di 2011 menjadi 3,7% di 2012. Hal ini membuat posisi Nokia melorot dari urutan pertama ke urutan ketujuh.

Kesuksesan Samsung ini boleh dibilang cukup fenomenal. Karena Samsung sebenarnya bisa dikatakan sebagai pemain baru di pasar China. Samsung baru mulai masuk ke pasar China sekitar tahun 2009.

Dan kini Samsung berhasil menguasai pasar China setelah berkolaborasi dengan Android. Strategy Analitics mencatat, pasar Android di China memang sangat mengagumkan. Hingga bulan Februari, tercatat bahwa OS Android menguasai pasar China hingga 86% dan iOS 12% selama Q4 2012.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0