telset

Samsung Bantah Ada Pekerja di Bawah Umur

Jakarta – Samsung membantah telah mempekerjakan anak dibawah umur di pabrik manufakturnya yang ada di China. Bantahan ini merupakan reaksi mereka atas laporan yang dikeluarkan China Labor Watch beberapa waktu lalu.

Kabar tak sedap berawal dari hasil laporan yang dikeluarkan China Labor Watch, yang menyebutkan bahwa HEG Elektronics sebagai mitra Samsung untuk memasok salah satu komponennya diketahui mempekerjakan setidaknya 7 orang pekerja di bawah usia 16 tahun.

Dan tak ingin menjadi bulan-bulanan kritikan, perusahaan raksasa elektronik Korea Selatan itu langsung menurunkan tim investigasinya ke China, untuk menyelidiki kebenaran tudingan tersebut.

Hasilnya, seperti yang dilansir Cnet dan dikutip telsetNews, Selasa (4/9), pihak Samsung menyatakan bahwa memang ada pekerja dan beberapa anak magang yang belum berusia 18 tahun, namun telah berumur di atas usia 16 tahun. Ini artinya, pabrik rekanan Samsung tersebut tidak melakukan pelanggaran terkait pekerja dibawah umur.

Dari hasil investigasi itu juga terungkap, masih ada beberapa pekerja yang bekerja overtime, dikenakan denda karena terlambat dan tidak diberikan akses kesehatan yang layak.

“Samsung telah meminta HEG untuk segera membenahi kondisi pekerja di pabriknya. Dan jika HEG tidak bisa memenuhi permintaan tersebut, maka Samsung akan memutus kontrak kerjanya,” ujar pernyataan pihak HEG.

Selain HEG, Samsung juga melakukan investigasi di 105 perusahaan yang menjadi pemasok manufaktur produknya yang ada di China. Perusahaan pembuat smartphone Galaxy S III ini memang tak main-main dengan isu sensitif soal pekerja dibawah umur.

Samsung menyatakan bahwa pihaknya tidak mentolerir adanya pelanggaran pekerja anak, termasuk yang ada di China. Sikap Samsung ini sudah selayaknya ditiru oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia yang masih banyak belum memperhatikan hak pekerjanya.[hbs]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0