Samsung akan Lengserkan Nokia di Pasar Ponsel Dunia

Jakarta – Hegemoni Nokia sebagai produsen ponsel dengan penjualan handset terbesar di dunia sedang diujung tanduk, karena mendapat ancaman yang serius dari pesaingnya Samsung. Vendor asal Korea Selatan ini diperkirakan akan segera melengserkan Nokia dari singgasana penguasa pasar ponsel dunia.

Pertumbuhan Samsung yang sangat fenomenal dalam tiga tahun terakhir telah mengantarkan mereka sebagai vendor papan atas. Bahkan kini mereka telah mengancam posisi Nokia yang telah nangkring™ selama hampir 14 tahun sebagai produsen ponsel terbesar di dunia.

Sebuah laporan dari hasil survei yang dikeluarkan Reuters menunjukan, Samsung diperkirakan akan menjual sekitar 88 juta handset di kuartal pertama 2012. Sementara Nokia diperkirakan hanya™ menjual sekitar 83 juta handset. Demikian yang Telsetnews kutip dari Slashgear, Jumat (13/4).

Dalam ulasannya, Reuters menyebutkan kehilangan posisi sebagai penguasa di industri mobile terutama di pasar smartphone, akan menjadi pukulan telak bagi perusahaan yang bermarkas di Finlandia tersebut.

Nokia sendiri bukan tidak menyadari ancaman vendor asal Negeri Gingseng ini, karena walaupun dinilai sedikit terlambat, namun Nokia diketahui  telah mulai berbenah dengan menciptakan beragam inovasi pada perangkat ponsel terbaru mereka.

Keputusan paling mengejutkan yang diambil Nokia adalah disaat mereka mendepak sistem operasi Symbian yang selama ini telah sangat berjasa melambungkan nama Nokia di pasar global.

Setelah membuang Symbian, Nokia coba membangun strategi smartphone baru dari bawah dengan menggandeng Windows Phone sebagai sistem operasi diperangkat ponsel mereka. Selain mengganti sistem operasinya, Nokia juga mengambil kebijakan tidak populis dengan merumahkan ribuan karyawannya.

Walaupun saat ini Nokia faktanya masih menempati posisi pertama dalam hal jumlah unit penjualan, namun kenyamanan mereka mulai terusik setelah Samsung dengan ponsel Android-nya perlahan tapi pasti merengsek naik menjadi merek ternama di dunia mobile.

Seperti diketahui, Nokia pertama kali merajai pasar ponsel dunia di tahun 1998. Posisi itu dapat mereka pertahankan cukup lama karena tidak ada satupun vendor yang berhasil menggeser posisi Nokia. Walaupun Nokia dinilai telah kehilangan momentum di benua Amerika dan Eropa, namun sebenarnya di Asia dan Afrika, Nokia masih punya banyak penggemar.

Namun para analis berpendapat, jika Nokia tidak segera bisa membuat daya tarik yang lebih besar, maka berita ini tidak hanya cerita tentang kemungkinan Nokia terkubur, tapi juga menandakan akan munculnya pengusasa baru di pasar ponsel dunia, yakni Samsung. [hbs]

Previous articleSistem Operasi BlackBerry Dinilai Masih Paling Aman
Next articleDell Ultrabook XPS 13 Resmi Hadir di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here