Sambut Natal dan Tahun Baru, Indosat Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Jakarta – Menyambut dua momen besar, Natal dan Tahun Baru yang biasa diikuti dengan kenaikan trafik telekomunikasi, Indosat menyatakan kesiapan jaringannya untuk melayani pelanggan di dua momen akhir tahun itu.

Division Head Public Relations Indosat, Djarot Handoko menyebutkan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya antisipasi kenaikan trafik, melalui peningkatan kapasitas jaringan, optimalisasi jaringan di wilayah dengan trafik padat saat Natal dan Tahun Baru, serta melakukan monitoring jaringan secara terintegrasi melalui pengoperasian Indosat Command Center.

Kami telah menyiapkan kapasitas layanan yang disesuaikan dengan perkiraan kenaikan trafik yang akan terjadi dalam masa-masa perayaan Natal, Tahun Baru dan libur akhir tahun, ujar Djarot dalam keterangannya di Jakarta (22/12).

Dijelaskannya, peningkatkan kapasitas jaringan dilakukan baik untuk kapasitas suara, SMS maupun data. Kapasitas suara ditingkatkan sebesar 0,68% dan kapasitas SMS ditingkatkan sebesar 73,02% dibandingkan masa Natal/Tahun Baru di tahun sebelumnya.

Sementara mengikuti trend komunikasi data di masyarakat, khusus kapasitas layanan data ditingkatkan hingga 8,36 Gbps yang mampu menyediakan volume data kurang lebih 100 Terabyte/hari. Kami berharap aktifitas komunikasi data seperti browsing, chatting dan komunikasi melalui internet lainnya dapat dinikmati pelanggan dengan baik, tuturnya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, trafik suara diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 16,37% dari trafik reguler. Sementara trafik SMS dipekirakan naik 30,36% dan data diperkirakan naik 11,56% dibanding dengan trafik hari biasa.

Kenaikan trafik kami perkirakan terjadi di berbagai wilayah yang menjadi fokus perayaan Natal, Tahun Baru dan libur akhir tahun seperti tempat wisata dan lain-lain, jelas Djarot.

Selain itu, lanjut Djarot, Indosat juga melakukan monitoring performasi jaringan selama masa-masa kenaikan trafik tersebut melalui pengoperasian Command Center, yang beroperasi selama 24 jam penuh, dengan kemampuan mendeteksi gangguan jaringan yang terintegrasi secara nasional dengan pusat kendali di Jakarta. [hbs] {jcomments on}

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -