telset

Saingi iWatch, Samsung Siapkan ‘Smartwatch’ Versi Android

Samsung Galaxy Altius
Samsung Galaxy Altius

Jakarta – Setelah Apple dikabarkan sedang mengembangkan ‘smartwatch’ dengan platform iOS dengan nama iWatch, kini Samsung mengambil langkah serupa dengan akan memproduksi jam tangan pintar berbasis Android.

Informasi ini bukan sebatas rumor, karena pihak Samsung melalui Wakil Presiden Mobile mereka, Lee Young Hee, yang mengkonfirmasi bahwa Samsung saat ini sedang menjalankan sebuah project untuk memproduksi jam tangan pintar.

Informasi resmi yang mengenai jam tangan pintar ini merupakan pertama kalinya dikeluarkan vendor asal Korea Selatan itu. Sebelumnya memang sempat beredar rumor Samsung sedang membuat jam tangan bernama Galaxy Altius. Namun saat itu Samsung tidak pernah mengkonfirmasi soal kebenaran rumor tersebut.

Seperti dilaporkan The Verge, Selasa (19/3), project jam tangan pintar tersebut disebutkan Lee telah dipersiapkan cukup lama dan akan segera siap dipasarkan.

Samsung sendiri, menurut Lee, sangat serius membuat konsep pemasaran untuk perangkat jam pintarnya tersebut. Dia mengatakan, Samsung tak hanya ingin sukses dari sisi penjualan, namun Samsung juga ingin mengembangkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.

Sebenarnya ini bukan untuk pertama kalinya Samsung membuat jam tangan. Karena sebelumnya raksasa elektronik Korea itu juga sudah pernah memproduksi jam tangan, namun gagal dipasaran.

Ada dua seri jam tangan yang pernah dibuat Samsung. Yakni pada tahun 1999 untuk pertama kalinya Samsung meluncurkan jam tangan dengan seri SPH-WP10. Sayangnya jam tangan ini tidak menuai sukses dari sisi penjualan.

Masih belum kapok setelah mendapati produk jam tangannya tidak laku dipasaran, Samsung kembali merilis seri S9910 pada tahun 2009. Jam tangan yang dibanderol seharga USD470 dan menggunakan teknologi layar sentuh dengan koneksi bluetooth, serta  sinkronisasi email Outlook ini lagi-lagi gagal menarik pembeli.

Perangkat pintar wearable seperti smartwatch belakangan mulai dilirik beberapa vendor, seperti Apple dan Google. Perangkat ini diprediksi bakal sukses dan berpotensi menggantikan posisi smartphone. Maka tak heran jika perusahaan sekelas Apple,  Google, dan kini Samsung mulai melirik segmen pasar ini.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Apple dikabarkan sedang mengembangkan perangkat jam tangan pintar yang akan menggunakan sistem operasi iOS. Smartwatch buatan Apple itu nantinya disebutkan akan menyandang nama iWatch.

Tak mau kalah dengan pesaingnya ini, Google pun menyiapkan perangkat jam tangan pintar. Bahkan menurut kabar yang beredar, Google sebenarnya telah lama mulai tertarik dan serius mengembangkan smartwatch.

Keseriusan Google tersebut dibuktikan dengan aktifitas Google yang mendaftarkan paten smartwatch dengan display flip-up. Dalam deskripsinya, paten tersebut menjelaskan kelebihan smartwatch Google yang memiliki kemampuan layaknya smartphone.

Sebenarnya bukan Apple dan Google yang pertama menggarap segmen baru ini. Sebelumnya sudah ada smartwatch bernama Pebble, yang cukup sukses di pasar.

Jam tangan buatan Kickstarter tersebut dilaporkan berhasil mengeruk pendapatan  sebesar USD 10 juta dari hasil penjualan Pebble melalui website. Bahkan saat ini Pebble sudah siap untuk dikapalkan ke pelanggan yang telah memesan jam tangan pintar tersebut.

Masih belum banyaknya pemain yang terjun di bisnis ini, diyakini yang membuat banyak perusahaan tergoda untuk masuk ke pasar smartwatch. Bahkan seorang analis bernama Gene Munster mengatakan, perangkat pintar wearable seperti smartwatch bakal sukses dan berpotensi menggantikan posisi smartphone.[HBS]

Jam tangan Samsung S9910
Jam tangan Samsung S9910
Apple iWatch
Apple iWatch

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0