Saingi Google Assistant, Facebook Bikin Asisten Suara Sendiri

Karyawan Facebook

Telset.id, Jakarta – Sejumlah perusahan raksasa teknologi telah mengembangkan teknologi asisten suara atau Voice Assistant buatan sendiri. Misalnya Amazon memiliki Alexa, Apple dengan Siri dan Google Assistant buatan Google. Kabarnya, Facebook juga akan segera menyusul memiliki fitur asisten suara sendiri. Seperti apa?

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Kamis (18/04/2019), media CNBC melaporkan bahwa sumber internal Facebook mengaku sedang mengembangkan perangkat lunak asisten suara sendiri.

Sedangkan media Reuters yang menanyakan hal yang sama, mendapat konfirmasi resmi bahwa raksasa jejaring sosial itu sedang menciptakan teknologi tersebut yang berbasis Artificial Intelligence (AI) tersebut.

“Kami sedang bekerja untuk mengembangkan teknologi asisten suara dan AI yang dapat bekerja seluruh ekosistem produk kami, baik produk Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR), termasuk Portal, Oculus dan masa depan produk lainnya,” kata juru bicara Facebook.

{Baca juga: Facebook Punya Fitur Baru “Why am I seeing this post?”}

Perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg itu telah mengembangkan asisten digitalnya sendiri sejak 2018, meskipun tidak jelas kapan fitur itu akan diluncurkan. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Facebook mengembangkan asisten digital mereka sendiri.

Beberapa tahun yang lalu, mereka menciptakan M Assistant yang digunakan dengan aplikasi Messenger, mirip dengan bagaimana Google Assistant, tetapi kurang popular di kalangan pengguna.

Selain itu skandal privasi yang terjadi tahun lalu, membuat banyak pihak tidak yakin apakah jejaring sosial paling populer di dunia itu mampu menciptakan asisten suara digitalnya sendiri atau tidak.

{Baca juga: WhatsApp, Instagram, Facebook Kompak Down (Lagi)}

Sebelumnya Facebook bersama ekosistemnya yakni WhatsApp dan Instagram mengalami server down. Kabar ini cepat menyebar setelah netizen di seluruh dunia mengeluhkan tidak bisa mengakses ketiga layanan tersebut di media sosial.

Berdasarkan pantauan di situs Down Detector, Minggu (14/04), terjadi peningkatan aduan terhadap 3 platform tersebut sejak sore tadi. Laporan pada Facebook menjadi yang tertinggi. Jumlah aduan bisa sampai 14.353 aduan yang mengindikasikan bahwa Facebook telah mengalami server down. [NM/HBS]

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here