Sah! 5 Operator Resmikan 4G Tahap Kedua

Rudiantara resmikan 4G 1800 MHz
Menkominfo melakukan teleconference dengan 5 operator saat meresmikan 4G LTE

JAKARTA – Hari ini, Senin (6/7/2015), lima operator seluler, yakni Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia (Tri), dan Smartfren Telecom meresmikan jaringan 4G tahap kedua secara serentak di lima kota berbeda di Indonesia.

Peresmian 4G tahap kedua ini langsung dilakukan oleh Menkominfo Rudiantara, Senin (6/7/2015), via video conference dari GraPARI Telkomsel di Jakarta dengan lima operator operator seluler yang ada di lima lokasi berbeda.

Dalam sambutannya Rudiantara mengatakan bahwa pemerintah menyambut positif peluncuran bersama kelima operator. Hal ini menunjukkan semangat dari semua operator untuk membangun mobile broadband, tak hanya terpusat di kota-kota besar di Jawa saja, namun juga ke berbagai daerah lainnya.

“Semoga hadirnya 4G di luar Jawa bisa membuka isolasi komunikasi dan memberikan dampak yang positif bagi lebih banyak masyarakat Indonesia,” kata Menkominfo dalam video conference menggunakan akses 4G.

Rudiantara menekankan bahwa deklarasi kelima operator ini dilakukan serentak dari luar Jawa untuk menunjukkan pembangunan di era pemerintahan sekarang memperhatikan daerah-daerah timur.

“Penataan frekuensi itu mulai 4 Mei 2015 dari Maluku, kemudian Papua, Kalimantan dan Sulawesi. Kita fokus jangan sampai area timur ini tertinggal. Kapan masyarakat bisa menggunakan, ya itu bergantung pada strategi operator masing-masing. Hari ini diluncurkan, tapi bukan berarti semua sudah dapat 4G,” ujar menteri yang akrab disapa Chief RA itu.

Lima operator yang secara serentak meresmikan 4G tahap kedua ini adalah Telkomsel yang ada di Makassar, XL di Lombok, Indosat di Balikpapan, Tri di Banjarmasin, dan Smartfren di Batam. Empat diantara operator tersebut mengoperasikan 4G di spektrum 1.800 MHz, kecuali Smartfren.

Spektrum 1.800 MHz dianggap menjadi frekuensi ideal untuk menggelar 4G LTE karena memiliki sumber daya frekuensi yang besar. Telkomsel dan XL mempunyai lebar pita 22,5 MHz, Indosat 20 MHz, sedangkan Tri paling sedikit memiliki pita hanya 10 MHz.

Sebelumnya para operator telah lebih dulu menggelar 4G di spektrum 900 MHz. Di spectrum ini XL dan Telkomsel masing-masing memiliki frekuensi selebar 7,5 MHz, Indosat memiliki 10 MHz. Sedangkan Tri tidak memiliki sumber daya di spektrum 900 MHz..

Sementara Smartfren, merupakan satu-satunya operator CDMA yang masih bertahan di antara kepungan empat operator GSM. Untuk menggelar 4G, operator milik Sinar Mas Grup ini menggunakan spektrum 850 MHz dan 2.300 MHz.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI