Saat Robot Ajari Manusia Cara Bermain Rubik’s Cube

Telset.id, Jakarta  – Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan bisa membuat sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin. Teknologi AI membuat hal-hal yang sulit dikerjakan oleh manusia menjadi begitu mudah, termasuk cara bermain Rubik’s Cube yang diajarkan robot buatan OpenAI.

Namun, dari semua inovasi, tidak ada yang lebih keren ketimbang melihat AI menikah dengan robot. OpenAI, kelompok riset milik Elon Musk, telah berupaya mengasah keterampilan jaringan saraf.

{Baca juga: Bot OpenAI Taklukkan Para ‘Master’ Dota 2}

Informasi menyebut bahwa OpenAI bahkan sudah mendemonstrasikan robot satu tangan buatannya. Robot tersebut pun dinilai sebagai satu hasil inovasi paling mengesankan di bidang AI.

Menurut New York Post, robot itu bertugas memecahkan Rubik’s Cube dengan satu tangan. Jaringan saraf yang ditanam bekerja bersama-sama untuk mengamati permainan dan mengendalikan tangan.

AI melatih sang robot dalam simulasi komputer, kemudian mempelajari bagaimana gerakan tangan memengaruhi Rubik’s Cube. AI juga mempelajari bagaimana gravitasi mempengaruhi Rubik’s Cube.

Dikutip Telset.id, Kamis (17/10/2019), beberapa simulasi dapat dilakukan pada waktu bersamaan. OpenAI mengatakan, metode pelatihan itu memungkinkan AI mendapatkan pengalaman berharga.

AI memperoleh pengalaman bernilai ribuan tahun dalam periode waktu sangat singkat. Saat ini, robot tangan tersebut dapat secara cepat menyelesaikan Rubik’s Cube dalam kondisi apapun.

Ketika robot menjadi lebih terampil dalam menyelesaikan tugas, para peneliti meningkatkan kesulitan dengan menambahkan faktor eksternal. Tim bereksperimen dengan sejumlah hal.

{Baca juga: Edan! Microsoft dan OpenAI Siap Kalahkan Manusia}

Mereka menempatkan sarung tangan karet di tangan untuk menghambat gerakan, mengotak-atik tangan saat mencoba melakukan pekerjaan, atau bahkan melilitkan gelang karet di sekitar jari-jari. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here