Rusia Minta Apple Hapus Telegram dari App Store

Telset.id, Jakarta – April 2018 lalu, Rusia memblokir aplikasi chatting Telegram. Namun, sampai sekarang, aplikasi tersebut masih tersedia di App Store untuk perangkat iOS di Rusia. Mengetahui hal itu, Rusia meminta kepada Apple untuk menghapus Telegram dari lapak toko aplikasinya.

Dilansir The Verge, Rusia meminta kepada Apple untuk menghapus Telegram dari App Store dan mengirim notifikasi ke para pengguna di negara setempat. Rusia memberi waktu satu bulan bagi Apple untuk menuruti permintaan tersebut. Kalau tidak, Rusia akan menempuh jalur hukum.

Pemerintah Rusia melakukan pemblokiran Telegram pada April 2018 lalu. Pengadilan Rusia mengeluarkan instruksi pemblokiran sebagai tindak lanjut atas gangguan komunikasi yang dialami oleh jutaan pengguna sehingga muncul perselisihan.

Perintah pemblokiran Telegram datang seminggu setelah pengawas komunikasi Rozkomnadzor mengajukan gugatan pembatasan akses ke Telegram. Gugatan timbul gara-gara Telegram menolak memberi akses ke keamanan Rusia untuk memantau enkripsi pesan pengguna.

Tak lama setelah Rusia, giliran Iran melarang warganya menggunakan Telegram. Keputusan yang diambil oleh pemerintah Iran bertujuan untuk melindungi keamanan nasional. Selama beberapa bulan terakhir, telah terjadi protes anti-pemerintah Iran secara besar-besaran.

Para pejabat menduga Telegram telah digunakan para aktor di belakang aksi demonstrasi anti-pemeritah Iran. “Mempertimbangkan berbagai keluhan warga serta permintaan dari organisasi keamanan, pengadilan melarang penggunaan Telegram di Iran,” tulis media Iran.

Berita Terkait: Pengadilan Rusia Perintahkan Pemblokiran Telegram

Berdasarkan data terakhir, Telegram mempunyai lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, terdapat para pejabat senior pemerintah Rusia. Mereka berkomunikasi melalui pesan terenkripsi yang tak bisa dibaca oleh pihak ketiga.

Pihak keamanan federal FSB di Rusia mengaku membutuhkan akses ke enkripsi pesan untuk menjaga kemungkinan serangan teroris. Permintaan tersebut ditolak oleh Telegram dengan alasan menghormati privasi para pengguna.

https://www.theverge.com/2018/5/29/17406178/russia-telegram-apple-app-store-censorship

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here