Insinyur Belanda Bikin Lima Rumah Gunakan Printer 3D

Telset.id, Jakarta – Tren membuat benda menggunakan teknologi 3D semakin meningkat saja dari hari ke harinya. Di Eindhoven, Belanda, misalnya, para insinyur menciptakan rumah menggunakan printer 3D.

Diberi nama Proyek Milestone, para insinyur tersebut membuat lima rumah beton dengan menggunakan printer 3D raksasa. Rumah pertama sendiri direncanakan bakal memiliki tiga kamar dengan ukuran sekitar 1.000 kaki persegi.

{Baca juga: Survei: Hanya 6 Persen Perusahaan Lakukan Transformasi Digital}

Proyek Milestone diperkirakan memakan waktu lima tahun. Para insinyur masih melakukan kajian lebih dalam, terutama dalam menyiasati pengurangan limbah beton dan mengkalkulasi biaya proyek.

Proyek ini diinisiasi untuk mendukung gerakan ramah lingkungan dan diyakini mampu mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari produksi semen berlebihan.

Oleh para insinyur, atap dan dinding rumah dibuat secara terpisah. Proses pemodelan merujuk kepada desain rumah masa depan yang terletak di tengah alam penuh pohon dan rumput hijau.

Rumah yang dibuat menggunakan printer 3D tersebut memantik minat khalayak. Dilaporkan Geek, baru-baru ini, setidaknya 20 keluarga sudah menyatakan minat untuk menyewa rumah pertama.

Para pakar di Inggris memprediksi bahwa teknologi printer 3D untuk membangun rumah akan jadi tren pada 2025. Rumah cetak 3D diklaim dapat mengatasi masalah krisis perumahan di Inggris.

Untuk diketahui, rata-rata harga rumah di Inggris kini naik di atas 220 ribu poundsterling. Karenanya, pembuatan rumah menggunakan terknologi tersebut dianggap sebagai solusi tepat.

Teknologi ini bekerja layaknya printer biasa. Namun demikian, cairan yang digunakan adalah bahan seperti plastik atau logam. Teknologi ini bahkan mampu membangun rumah secara cepat dan murah. [SN/IF]

Sunber : Geek

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0