Home NEWS Rompi Bionik Ini Berikan Tenaga Ekstra ke Pengguna

Rompi Bionik Ini Berikan Tenaga Ekstra ke Pengguna

Telset.id, Jakarta – Ekso Bionics lebih dikenal sebagai pencipta eksoskeleton robot yang membantu orang terluka atau cacat untuk bisa berjalan sendiri.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan telah melakukan inovasi besar, yakni membuat robot yang bisa dipakai untuk membantu pekerja di bidang manufaktur dan konstruksi.

Pembuat mobil kenamaan, Ford, telah menguji coba rompi Ekso di dua pabrik di Amerika Serikat. Rompi tersebut meningkatkan kekuatan bahu si pemakai, membuat tugas menjadi lebih mudah dan ringan.

Menggunakannya, si pemakai bakal tak lagi kesulitan mengangkat alat berat atau menggendong bor seberat tiga pon hampir sepanjang hari.

CNBC mengunjungi kantor pusat Ekso di Richmond, California, Amerika Serikat, untuk mencoba rompi “ajaib” itu. Rompi Ekso ternyata tidak memiliki motor atau perangkat elektronik di dalamnya.

Ia bekerja dengan serangkaian mata air yang memberi si pemakai perasaan kekuatan seperti semut. Rompi Ekso membantu lengan pemakai kuat mengangkat barang hingga 15 pon.

“Bahu adalah sendi yang bagus dengan banyak derajat kebebasan. Namun, bahu merupakan persendian yang relatif lemah. Nah, rompi Ekso membantu orang yang bekerja di atas menjadi tidak mudah cedera,” jelas CEO Ekso Bionics, Max Scheder-Bieschin.

Berita Terkait:  Perkenalkan Daisy, Robot Daur Ulang Bikinan Apple

Sebelum dijual, rompi Ekso masuk pengujian ekstensif di laboratorium dan di lapangan. Pengujian untuk memastikan rompi mampu bekerja di bawah suhu beku serta tetap menjalankan fungsi meski tertutup debu dan kotoran beton. [SN/HBS]

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version