Robot Tommy Bantu Italia Tangani Pasien Covid-19

Robot Covid 19

Telset.id, Jakarta Robot di Rumah Sakit Circolo di Varese, Italia telah membantu menjaga para petugas medis agar tak tertular virus corona saat menangani pasien Covid-19. Robot Tommy, demikian namanya, setia membantu petugas medis maupun merawat pasien virus corona.

Robot Tommy adalah satu dari enam robot baru yang membantu para dokter dan perawat menangani pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut. Asal tahu saja, Varese merupakan wilayah di Lombardy utara yang menjadi pusat penyebaran corona.

“Kehadiran Tommy membuat kami seperti memiliki perawat lain tanpa harus takut terinfeksi Covid-19,” kata dokter Francesco Dentali, Direktur Perawatan Intensif Rumah Sakit Circolo, dikutip Telset.id dari New York Post, Senin (06/04/2020).

{Baca juga: Video Viral ‘Pejuang Medis’ Melepas Penat dengan Bergoyang TikTok}

Robot seukuran anak-anak dengan mata besar yang berkedip itu bertugas di kamar-kamar untuk melayani para pasien terinfeksi virus corona. Para dokter dan petugas medis pun dapat secara intensif merawat pasien lain yang sedang berada dalam kondisi lebih serius.

Robot Tommy bertugas memantau parameter dari peralatan di ruangan, menyampaikannya ke staf rumah sakit. Robot ini memiliki wajah layar sentuh yang memungkinkan para pasien untuk merekam pesan untuk disampaikan ke dokter dan petugas medis.

{Baca juga: Robot dari Kampus Top China Bantu Petugas Medis Tangani Corona}

Yang paling penting, Tommy dan rekan-rekan setim memungkinkan rumah sakit untuk membatasi jumlah kontak langsung antara dokter dan perawat dengan pasien Covid-19. Dengan begitu, dokter dan perawat bisa mengurangi risiko terinfeksi.

Lebih dari 4.000 petugas kesehatan di Italia telah terinfeksi virus corona dari para pasien. Dari jumlah tersebut, 66 dokter telah meninggal dunia. Total, di Italia ada 13.000 kasus meninggal dunia akibat Covid-19. Korban masih bisa bertambah. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here