Bikin Kepo, Apa Sih Tugas dari Robot Rover Perseverance di Mars?

Telset.id, Jakarta – Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sebenarnya tugas robot Rover Perseverance ketika sampai di planet Mars? Nah, mungkin penjelasan dari Sekretaris Ilmu Pengetahuan, Paul Dabbar, akan memberikan gambaran bagi Anda.

Menurutnya, begitu robot Rover Perseverance mendarat di Mars di Kawah Jezero pada 18 Februari 2021, ia akan bergabung dengan penjelajah Curiosity.

Dabbar berujar bahwa Rover Perseverance akan mengumpulkan sampel selama misi yang dapat dikembalikan ke Bumi. Sampel akan dianalisa untuk tujuan sains misi guna meningkatkan pemahaman soal Mars.

{Baca juga: Sebelum ke Mars, Ilmuwan Minta NASA Menjelajah Venus}

Sampel yang diambil oleh robot Rover Perseverance dari planet Mars digunakan untuk mencari tanda-tanda kehidupan Mars kuno.

Robot Rover Perseverance sendiri dilengkapi SuperCam, menggunakan spektroskopi kerusakan yang diinduksi laser untuk mempelajari komposisi mineral, batuan, dan tanah Mars.

Ia akan mencari senyawa organik terkait masa lalu geologis Mars. Penelitian bakal memakai sinar-X dan pencitraan elektron untuk mempelajari bentuk dan sampel batuan serta teknik spektroskopi untuk mengungkap komposisi kimia.

{Baca juga: NASA: Tolong Jangan Cemari Bumi, Alien!}

Menurut laporan New York Post, dikutip Telset.id, Minggu (02/08/2020), mirip pendahulunya, Rover Perseverance akan ditenagai oleh sistem energi nuklir yang dikenal sebagai Multi-Mission Radioisotop Thermoelectric Generator atau MMRTG.

Sekretaris Keamanan Nuklir dan Administrator NNSA, Lisa E. Gordon-Hagerty, menyatakan bahwa pihaknya mendukung misi NASA selama hampir 60 tahun. Dukungan diberikan sejak persiapan persiapan para astronot hingga membangun kotak-kotak.

Kotak-kotak tersebut untuk batuan bulan. NNSA akan pula menyediakan listrik dari sumber-sumber nuklir. “Saya bangga telah meminjamkan keahlian unik untuk eksplorasi tata surya. Kami komitmen dengan misi itu,” terang Gordon-Hagerty.

{Baca juga: NASA Ungkap Misi Utama Robot Helikopter Mars}

Bukan cuma robot Perseverance saja yang nantinya akan mendarat di Mars. NASA pun akan menerbangkan robot helikopter ke Planet Merah.

Robot helikopter besutan NASA ini memiliki misi untuk mendeteksi tanah Mars, mencari petunjuk kehidupan kuno, bahkan mengemas sampel tanah untuk akhirnya kembali ke Bumi.

Robot tersebut nantinya akan tandem dengan Rover Perseverance, Keduanya akan bersama-sama mengungkap rahasia luar biasa di Mars pada awal 2021 mendatang. (SN/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI