Robot Kecoa Ini Bisa Deteksi Korban Hidup di Lokasi Bencana

Telset.id, Jakarta  – Kecoa telah mengilhami para peneliti untuk membuat robot berukuran sangat kecil, yang secara teori dapat menggali data di lokasi bencana alam dan menyampaikan informasi untuk menyelamatkan para pekerja. Dari situ, para ahli merancang robot kecoa.

Tim dari University of California, Berkeley, merancang robot kecoa yang terbuat dari bahan polyvinylidene fluoride (PVDF) dan berukuran sebesar perangko. Para peneliti pun mengklaim, robot tersebut memiliki banyak manfaat.

{Baca juga: Robot Bebek Ini Siap Bantu Petani Basmi Gulma}

“Jika terjadi gempa bumi, sulit bagi mesin besar atau anjing pelacak untuk menemukan korban hidup di bawah puing. Karenanya, kami ciptakan robot berukuran kecil tapi kuat untuk melakukannya,” kata Yichuan Wu, anggota tim peneliti.

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Senin (5/8/2019), robot itu diklaim sekuat kecoa asli. Para peneliti sampai berulang kali memberikan tekanan dengan cara menginjaknya. Robot tersebut pun dijamin efektif untuk evakuasi.

“Sebagian besar robot berukuran kecil sangatlah rapuh. Jika Anda menginjaknya, robot akan hancur. Namun, tidak demikian dengan robot ini. Pergerakannya di tanah begitu cepat,” timpal Liwei Lin, penulis senior makalah penelitian.

Juli tahun lalu, Rolls-Royce juga menciptakan robot kecoa yang mampu merangkak di dalam ruang berukuran sempit. Robot tersebut nantinya bisa digunakan untuk membersihkan ruang bersudut sempit, termasuk area mesin pesawat.

{Baca juga: Hiii… Robot Ikan Ini Punya Darah}

Robot kecoa buatan Rolls-Royce  memiliki tinggi sekitar 15 milimeter dengan berat beberapa ons. Robot akan dilengkapi kamera serta optik untuk pemindaian 3D yang memungkinkan para insinyur menilai masalah dari jarak jauh. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here