Robot Belajar Masak Lewat YouTube

Screen-Shot-2015-01-23-at-9.26.47-AMJAKARTA – Mengajari robot dengan manusia berbeda. Untuk manusia, hanya perlu menggunakan kata-kata. Tapi untuk robot, harus diberi contoh lengkap dengan gerakannya. Peneliti di University of Maryland Institute for Advanced Computer Studies menemukan solusi mengajari robot, yakni melalui video di YouTube.

Seperti dikutip dari Cnet, para peneilti memberikan video Cooking tutorial ke robot. Dengan menonton video ini, robot bisa belajar aneka rangkaian gerakan rumit yang dibutuhkan untuk memasak.

“Kami memilih video masak sebab setiap orang juga melakukannya,” kata Yiannis Aloimonos, pengajar ilmu komputer dan direktur UMIACS Computer Vision Lab.

“Memasak itu kompleks, termasuk tahapan dan peralatannya,” tambah dia.

Yianis melanjutkan, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan robot yang bisa berinteraksi dengan manusia. Oleh sebab itu, para peneliti perlu membekali robot dengan aktivitas manusia.

Tim peneliti akan mempresentasikan temuan mereka pada ajang Association for the Advancement of Artificial Intelligence Conference di Austin, Texas, pada 29 Januari mendatang. (*)

Sourcecnet

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0